Selasa, 20/11/2018 03:06 WIB

Deklarasi BUMI RAKA Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat 2018-2023  

Relawan muda-mudi pendukung Ridwan Kamil mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil menjadi Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

 

Bogor - Relawan muda-mudi pendukung Ridwan Kamil, yang menamakan diri BUMI RAKA (Barisan Muda-Mudi Ridwan Kamil) terdiri dari komunitas anak muda, organisasi mahasiswa, budayawan, serta individu profesional mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil menjadi Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

Kegiatan Deklarasi dilakukan dengan menggelar kirab budaya dengan membawa 16 tumpeng, dan menyertakan 16 mojang, yang diarak bersama 16 becak, serta 16 delman mengelilingi kota menuju Taman Ekspesi Kota Bogor.

Masing -masing tumpeng bertuliskan nama-nama gunung di Jawa Barat, merupakan simbolisasi dari 16 gunung tertinggi di Jawa barat yaitu: Gunung Ciremai, Gunung Pangrango, Gunung Gede, Gunung Cikuray, Gunung Papandayan, Gunung Patuha, Gunung Malabar, Gunung Guntur, Gunung Salak, Gunung Bukit Tunggul, Gunung Kancana, Gunung Wayang, Gunung Galunggung, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Masigit Kareumbi, dan Gunung Burangrang.

Di dalam masyarakat sunda, gunung adalah sebuah monumen terpenting dalam kehidupan sejarah dan budaya yang harus dijaga sebagai bagian dari sumber kehidupan dan awal peradaban Bumi Priangan.

"16 tumpeng, 16 mojang, 16 becak, dan 16 delman dalam kirab budaya ini adalah simbol dan bentuk nyata dari aspirasi, dukungan serta harapan tinggi kami kepada Ridwan Kamil untuk dapat menjadi gubernur yang ke 16 di Jawa Barat," ungkap Kordinator BUMI RAKA, Aji Sahid Robian.

Menurut Aji, sejak dahulu masyarakat sunda telah mengenal gunung bukan sekedar bagian dari ilmu geologi semata, tapi dalam beberapa konteks ia memiliki peranan sebagai sebuah saksi satu penggalan peristiwa, sejarah, bahkan peradaban manusia itu sendiri. Sehingga pengelolaan gunung agar tetap lestari dan terjaga manfaatnya akan menjadi satu hal yang prioritas dibawah kepemimpinan Ridwan Kamil sebagai pemimpin baru di Jawa Barat nanti.

TAGS : Jawa Barat Ridwan Kamil BUMI RAKA




TERPOPULER :