Rabu, 02/12/2020 22:36 WIB

Waspada, Hampir Seluruh Wilayah Indonesia Rawan Gempa

Menurut Sutopo, ancaman itu dimulai dari pertemuan lempeng tektonok atau subduksi ataupun jalur yang ada di daratan.

Gambar kerusakan RSUD kota banjar usai gempa bumi, Sabtu, 16 Desember (Foto/jurnas.com)

Jakarta - Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan‎, hampir seluruh wilayah di Indonesia rawan gempa. Menurutnya, hanya beberapa wilayah di Kalimantan
yang disebut aman dari ancaman gempa.

"Hampir seluruh wilayah Indonesia, kecuali Kalimantan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan," ucap Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB Jakarta, Sabtu (16/12/2017).

Menurut Sutopo, ancaman itu dimulai dari pertemuan lempeng tektonok atau subduksi ataupun jalur yang ada di daratan. Dikatakan Sutopo, setiap tahunya wilayah sebelah barat pantai Sumatera lempengan bergerak 5 sampai 6 cm.

Sementara di selatan Jawa Bali Nusa Tenggara sampai Halmahera 7 cm. Sedangkan, di utara Papua sampai dengan Maluku hingga Sulawesi bergerak 12 cm.

"Jadi gempa adalah sesuatu hal yang pasti terjadi karena wilayah Indonesia seperti ini," terang dia.

Lebih lanjut dikatakan Sutopo, ‎ada beberapa hal yang menyebabkan banyaknya korban setiap terjadi gempa. Yakni mulai dari  minimnya mitigasi, hingga masih sedikitnya bangunan-bangunan yang dibangun dengan konstruksi tahan gempa.

"Itulah yang menyebabkan ketika terjadi gempa dengan kekuatan yang cukup besar selalu menimbulkan korban jiwa dan kerugian," kata Sutopo.

TAGS : Gempa Bumi Tasikmalaya BMKG




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :