Minggu, 23/09/2018 11:09 WIB

12 Partai Ini Lolos Verifikasi Administrasi KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) meloloskan 12 dari 14 partai politik dalam verifikasi administrasi.

Ketua_KPU_Arief_Budiman

Jakarta-Komisi Pemilihan Umum (KPU) meloloskan 12 dari 14 partai politik dalam verifikasi administrasi. Selanjutnya, keduabelas partai tersebut akan menjalani verifikasi faktual sebagai syarat menjadi peserta Pemilu 2019.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengumumkan 12 partai saat menyampaikan hasil penelitian administrasi perbaikan berkas pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2019 di Gedung KPU RI Jakarta, Kamis (14/12/2017), pukul 22.50 WIB.

"Ada 12 partai politik yang dilanjutkan ke proses verifikasi faktual, dan dua parpol tidak bisa melanjutkan verifikasi faktual," kata Arief di Jakarta.

Berikut 12 partai yang lolos verifikasi administrasi KPU:

1.Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
2.Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
3.Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan
4.Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
5.Partai Nasdem
6.Partai Amanat Nasional (PAN)
7.Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
8.Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
9.Partai Golongan Karya (Golkar)
10.Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
11.Partai Demokrat
12.Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Masing-masing partai akan menjalani verifikasi faktual mulai hari ini, Jumat (15/12/2017). Pemeriksaan dalam verifikasi faktual meliputi pemeriksaan keberadaan kantor, 30 persen keterwakilan perempuan pengurus serta jumlah anggota partai di dewan pimpinan pusat (DPP) dan dewan pimpinan daerah (DPD).

"Verifikasi faktual itu dilakukan untuk parpol baru di seluruh daerah, sementara untuk partai lama yang lolos akan dilakukan verifikasi faktual di daerah otonom baru atau provinsi baru," kata Arief.

Untuk 10 partai lama, verifikasi faktual akan dilakukan di Provinsi Kalimantan Utara dan lima kabupaten baru di Sulawesi Tenggara.

Pada bagian lain, Arif menyatakan, dua partai tidak lolos verifikasi administrasi. Yakni Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Sementara itu, KPU masih melakukan penelitian administrasi terhadap sembilan partai politik yang gugatannya dimenangkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pengumuman hasil penelitian administrasi terhadap sembilan partai tersebut dijadwalkan pekan depan.

TAGS : Partai Politik KPU Verifikasi Administrasi




TERPOPULER :