Selasa, 16/04/2024 23:12 WIB

Pejabat AS Sebut Iran Eksploitasi Perang di Yaman

Pejabat Amerika Serikat menyebut pemerintah Iran sengaja mengeksplotasi perang di wilayah tersebut demi kepentingan politiknya.

Mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh (foto: Google)

Riyadh - Seorang pejabat Amerika Serikat  angkat bicara mengenai pembunuhan mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh. Ia menyebut pemerintah Iran sengaja mengeksplotasi perang di wilayah tersebut demi kepentingan politiknya.

"Kami terus meminta semua pihak kembali memberi energi positif pada negosiasi politik yang merupakan satu-satunya cara untuk mengakhiri perang. Perang ini mendestabilisasi kawasan ini dan rezim Iran mengeksploitasi perang ini karena ambisi politiknya," kata pejabat tersebut.

Menurut Al Arabiya, Saleh dibunuh oleh milisi Houthi yang didukung Iran saat ia meninggalkan ibu kota Sanaa pada Senin (4/12).

Saleh, yang telah memerintah Yaman selama tiga dekade, bergabung dengan Houthi pada 2014 saat mereka menguasai sebagian besar negara tersebut, termasuk ibukota.

Namun aliansi tersebut bentrok dalam sepekan terakhir. Puluhan orang dilaporkan tewas dalam bentrokan saat Saleh beralih ke koalisi Arab yang telah melakukan serangan udara terhadap Houthi sejak September 2015.

KEYWORD :

Yaman Houthi Iran Ali Abdullah Saleh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :