Jum'at, 19/04/2024 13:29 WIB

Tak Penuhi Tuntutan, American Airlines Terancam Alami Krisis Pilot

perusahaannya menawarkan kepada pilot yang siap mengoperasikan penerbangan tersebut dengan gaji 150 persen lebih tinggi dari biasanya dari per jamnya.

American Airlines (Foto: Getty)

Jakarta - Salah satu maskapai penerbangan Amerika Serikat, American Airlines terancam mengalami krisis pilot lantaran mengalami masalah teknis yang menyebabkan ribuan penerbangan di akhir bulan ini kekurangan pilot.

Awal pekan ini , Asosiasi Pilot Sekutu (APA), sebuah serikat atas nama perusahaan pilot, mengatakan sebuah kesalahan dalam jadwal uji coba American Airlines berarti ribuan penerbangan untuk masa liburan yang akan datang mengalami krisis pilot. 

Juru bicara American Airlines Matt Miller mengatakan bahwa perusahaannya menawarkan kepada pilot yang siap mengoperasikan penerbangan tersebut dengan gaji 150 persen lebih tinggi dari biasanya dari per jamnya.

Miller menyebut langkah tersebut diambil demi mengatasi situasinya krisis ini. Pasalnya perusahaan ini mengelola hampir 6.700 penerbangan setiap harinya.

Namun setelah melakukan negosiasi ulang dengan APA, American Airlines menyatakan bahwa situasi tersebut sudah terkendali dan jadwal penerbangan pada liburan mendatang akan normal kembali.

"Kami dengan senang hati melaporkan bahwa bersama-sama, Amerika dan Asosiasi Pilot Sekutu telah mencapai kesepakatan bersama demi memastikan penerbangan kami beroperasi sesuai jadwal," kata perusahaan.

Sementara pihak APA juga mengkonfirmasi bahwa perusahaannya siap untuk kembali bekerjasama dengan pihak American Airlines setelah tuntutannya terpenuhi.

"Kepemimpinan APA bertemu dengan manajemen senior American Airlines hari ini untuk membahas keluhan APA mengenai pembatasan pembayaran premi dan perdagangan perjalanan untuk penerbangan Desember," kata Asosiasi Pilot Sekutu dalam sebuah pernyataan dilansir UPI.

"APA dan manajemen telah mencapai kesepakatan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing, dan kami telah menarik kembali keluhan kami. Dengan kesepakatan ini, kami mengantisipasi bahwa American Airlines akan dapat mempertahankan jadwal Desember penuh seperti yang direncanakan untuk para penumpangnya," tambahnya.

 

KEYWORD :

American Airlines Amerika Pesawat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :