Minggu, 20/10/2019 02:50 WIB

Ini Efek Buruk Minum Alkohol

Di dalam alkohol terdapat berbagai kandungan zat berbahaya yang memiliki berbagai dampak negatif bagi kesehatan, seperti gangguan reproduksi dan serangan jantung

Ilustrasi Minuman Beralkohol

Jakarta – Alkohol (miras, Red) mungkin dikenal hanya sebagai minuman yang memabukkan, tapi taukah Anda bahwa miras juga banyak dampak negatif bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Alkohol merupakan minuman yang berasal dari hasil fermentasi buah-buahan, biji-bijian dan madu. Di dalam alkohol terdapat berbagai kandungan zat berbahaya yang memiliki berbagai dampak negatif bagi kesehatan, seperti gangguan reproduksi dan serangan jantung.

Berikut efek buruk dari mengkonsumsi miras dilansir Dailystar:

Penuaan dini

Meminum alkohol dalam jumlah yang berlebihan akan membuat kerusakan pada sel-sel tubuh, sehingga akan menyebabkan penuaan dini bagi seseorang.

Mengganggu sistem metabolisme tubuh

Mengkonsumsi alkohol secara berlebih dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Padahal sistem metabolisme merupakan penghasil tenaga yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Dengan mengkonsumsi alkohol akan membuat Anda selalu tidak bersemangat dan tidak berenergi saat beaktivitas, karena sistem metabolismenya telah terganggu.

Menyebabkan gangguan jantung

Mengkonsumsi alkohol secara rutin dan berlebih dapat menyebabkan gangguan jantung seperti meningkatnya denyut jantung, sesak napas, dada terasa nyeri, napas tersumbat dan serangan jantung.

Menurunkan kecerdasan

Zat berbahaya yang terkandung dalam alkohol akan merusak fungsi otak secara perlahan, termasuk menurunkan kecerdasan, konsentrasi dan daya ingat seseorang.

Jerawat

Karena alkohol dikemas dengan gula dan garam maka bisa memicu hormon IGF-1. Hal ini membuat kulit Anda menghasilkan lebih banyak minyak dan bisa menyebabkan bintik-bintik (jerawat).

"Ketika folikel kulit tersumbat sel kulit dan minyak, minyak mulai terbentuk di balik penyumbatan ini, yang mengakibatkan perkembangan jerawat," ujar Dr. Justine Hextall

Menyebabkan kenaikan berat badan

Mengkonsumsi alkohol secara berlebih dan rutin setiap hari dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kandungan kalori dan kadar gula yang tinggi dalam alkohol menjadi salah satu pemicu naiknya berat badan seseorang saat mengkonsumi alkohol.

Mengganggu fungsi hati

Alkohol juga menyebabkan kerusakan pada hati. Kerusakan yang terjadi pada hati menyebabkan terganggunya fungsi hati, yakni menetralisir dan membuang racun dalam tubuh.

Menyebabkan tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi alkohol akan mengaktifkan hormon adrenalin dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Mengkonsumsi alkohol secara berlebih akan meningkatkan resiko terserang tekanan darah tinggi atau hipertensi.

TAGS : Alkohol Tips Kesehatan




TERPOPULER :