Rabu, 02/12/2020 17:13 WIB

Madrid Sambut Keinginan Puigdemont pada Pemilihan Catalan

Pemerintah Spanyol mengatakan, pihaknya menyambut baik partisipasi presiden Catalan, Carles Puigdemont dalam pemilihan regional yang berlangsung pada Desember

Warga Catalan berkumpul di Plaza Catalunya setelah pemungutan suara berakhir di Barcelona, Spanyol 1 Oktober 2017 (Foto: Susana Vera / Reuters)

Madrid - Pemerintah Spanyol mengatakan, pihaknya menyambut baik partisipasi presiden Catalan Carles Puigdemont dalam pemilihan regional yang berlangsung pada Desember.

Juru bicara pemerintah Inigo Mendez de Vigo mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara, jika Puigdemont masih ingin berpolitik, yang merupakan haknya, saya pikir ia harus mempersiapkan pemilihan berikutnya

Pada Sabtu (28/10), Puigdemont sebelumnya menyerukan sebuah oposisi demokratis untuk pengambilalihan Madrid di wilayah tersebut menyusul deklarasi kemerdekaannya.

"Saya yakin bahwa jika Puigdemont mengambil bagian dalam pemilihan ini, ia dapat menjalankan oposisi demokratis ini," kata Mendez de Vigo, dilansir Reuters, Minggu (29/10) 

Setelah membubarkan parlemen daerah dan memecat pemerintah daerah pada Jumat (27/10), Perdana Menteri Spanyol Rajoy mengatakan pemilihan regional baru akan diadakan di Catalonia pada 21 Desember.

Mendez de Vigo juga mengatakan, yakin bahwa polisi Catalan regional akan mematuhi undang-undang tersebut setelah pemerintah memecat petugas regional. Ia juga mengatakan, jika Puigdemont menolak untuk meninggalkan kantornya, pemerintah akan bereaksi dengan intelijen dan akal sehat.

Ketika ditanya apa yang akan terjadi jika Puigdemont harus menghadapi tuntutan di pengadilan, Mendez menjawab, di Spanyol kekuasaan peradilan dan politik terpisah dan bahwa tidak ada yang berada di atas hukum. Ia tidak melakukan hal yang lebih jauh lagi.

TAGS : Spanyol Catalan Carles Puigdemont




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :