Sabtu, 05/12/2020 22:27 WIB

Imigrasi Siap Hadapi Gugatan Setya Novanto

Dalam tuntutannya, Novanto meminta PTUN Jakarta memerintahkan Dirjen Imigrasi mencabut Surat Keputusan Pejabat Tata Usaha Negara.

Ketua DPR RI, Setya Novanto, di World Parliamentary Forum, Nusa Dua Bali, Rabu (6/9).

Jakarta - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi siap menghadapi gugatan yang dilayangkan Ketua DPR RI Setya Novanto ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Imigrasi akan berkoordinasi dengan pimpinan KPK terkait gugatan tersebut.

Dirjen Imigrasi Ronny mengatakan, pihaknya telah menerima surat resmi gugatan tersebut. Dijelaskan Ronny, gugatan itu berkaitan dengan perpanjangan masa pencegahan Novanto ke luar negeri selama enam bulan ke depan. Pencegahan Novanto diperpanjang berdasarkan permintaan KPK,  terkait dengan proses penyidikan kasus dugaan korupsi e-KTP.

Informasi yang beredar gugatan Novanto ke PTUN itu tercantum dalam perkara 219/G/2017/PTUN.JKT. Dalam tuntutannya, Novanto meminta PTUN Jakarta memerintahkan Dirjen Imigrasi mencabut Surat Keputusan Pejabat Tata Usaha Negara Nomor IMI.5.GR.02.05-3.0656 tertanggal 2 Oktober 2017 perihal Pencegahan ke Luar Negeri dan Penarikan Sementara Paspor RI a.n. Setya Novanto.

"Surat gugatan di PTUN sudah ada," ucap Ronny Sompie saat dikonfirmasi, Selasa (24/10/2017).

Juru Bicara KPK Febri Dianysah sebelumnya menyatakan bahwa pihaknya siap membantu Ditjen Imigrasi terkait gugatan Novanto itu. KPK, akan berkoornasi dengan pihak Ditjen Imigrasi untuk menghadapi gugatan tersebut.

"Kita punya biro hukum dan biro hukum punya pengalaman terkait adanya gugatan-gugatan baik praperadilan, perdata, PTUN ataupun langkah hukum lainnya pihak terkait. Jadi tentu akan dihadapi karena itu proses hukum," kata Febri beberapa waktu lalu.

TAGS : Setya Novanto Gugat Imigrasi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :