Selasa, 11/12/2018 06:46 WIB

Catatan Merah Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Selama tiga tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dinilai masih memiliki sejumlah catatan merah.

Presiden Jokowi dan Wapres JK

Jakarta - Selama tiga tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dinilai masih memiliki sejumlah catatan merah. Partai Gerindra misalnya, mencatat raport merah dari capaian tiga tahun Kabinet Kerja.

Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan, catatan merah yang paling tersohor dari pemerintahan Presiden Jokowi adalah sistem demokrasi yang semakin tergerus.

Menurutnya, usulan pemerintah soal presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen dengan menggunakan hasil Pemilu 2014 lalu pada Pilpres 2019 nanti, sebagai salah satu catatan merah sistem demokrasi pada era Jokowi.

"Menurut kami ini (presidential threshold) catatan merah. Konstitusi pemilu, misalnya, pemerintah memaksakan presidential threshold 20 persen," kata Riza, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (20/10).

Selain itu, kata Riza, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 2 Tahun 2017 tentang Ormas yang diterbitkan Presiden Jokowi juga bukti sistem demokrasi yang kian tergerus.

Dimana, Perppu tersebut untuk memudahkan pembubaran Ormas yang dianggap bertentangan dengan ideologi Pancasila. "Tambah lagi sekarang Perppu Ormas, lebih mundur karena ini seperti arogansi kekuasaan," tegasnya.

TAGS : Presiden Jokowi Partai Gerindra Tiga Tahun Jokowi




TERPOPULER :