Senin, 24/09/2018 01:04 WIB

Hasil Survei, Pendatang Baru Berkibar di Pilgub Sulsel

Kekecewaan masyarakat terhadap para pejabat atau mantan pejabat daerah yang dinilai hanya tebar pesona dan mengingkari janji kampanye, membuat pendatang baru dalam kancah perpolitikan di Sulawesi Selatan (Sulsel) berkibar.

Ilustrasi Pilgub 2018

Jakarta - Kekecewaan masyarakat terhadap para pejabat atau mantan pejabat daerah yang dinilai hanya tebar pesona dan mengingkari janji kampanye, membuat pendatang baru dalam kancah perpolitikan di Sulawesi Selatan (Sulsel) berkibar.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis Fokus Survei Indonesia (FSI) menemukan tokoh baru di Sulsel seperti Rivai Ras menjadi idola dan diharapkan bisa memimpin lima tahun yang akan datang.

Dari hasil penelitian terkait tokoh yang akan dipilih jika Pilgub diadakan nanti, hasilnya di luar dugaan bahwa Rivai Ras, sebagai tokoh yang paling banyak dipilih oleh 22,4 persen dari 1667 Responden, urutan Kedua Nurdin Abddullah 16,1 Persen, Agus Arifin Nu`Mang 11,3 Persen, Akbar Faisal 9,3 Persen, Ichsan Yasin Limpo 7,2 Persen, Nurdin Halid 6,2 Persen, Azis Kahar Muzakar 5,1 Persen.

"Tinggi nya pilihan masyarakat terhadap Rivai Ras yang merupakan tokoh baru dalam Politik Sulsel ternyata alasan masyarakat Sulsel yang diwakili oleh responden menyatakan Kalau mereka sudah tidak percaya dengan tokoh-okoh Politik lama," kata Direktur FSI Ziyad Falahi, melalui rilisnya, Jumat(13/10).

Kata Ziyad, masyarakat juga kecewa dengan kepala daerah yang saat ini masih menjabat atau mantan kepala daerah yang tidak konsisten dengan janji kampanye.

"Dengan realistas yang dilakukan ,serta anggapan masyarakat, mereka (para tokoh lama, red) hanya menguasai proyek-proyek dari APBD untuk bisnis keluarga dan antek anteknya," tandasnya.

Menurutnya, survei ini juga mengungkap fenomena dan untuk mengukur tingkat elektabilitas para tokoh yang akan maju sebagai calon gubernur Sulsel.

"Pemberitaan media massa, medsos dan gambar-gambar di baliho merupakan sebuah stimulus bagi organism/masyarakat Sulsel untuk merespon dan memberikan sikap dan pendapat pada tokoh-tokoh yang gambar dan pemberitaannya di media massa, medsos maupun baliho," tandasnya.

Diketahui, FSI melakukan survei sejak 27 September s/d 7 Oktober 2017, terkait fenomena pra Pilgub di Sulsel dengan melakukan "Jajak Pendapat Publik Sulawesi Selatan" untuk mendapatkan data-data tentang respon publik Sulsel terhadap para tokoh yang akan mencalon kan diri sebagai calon gubernur.

Dalam jajak pendapat publik Sulsel ini, FSI melibatkan 1.667 warga yang memiliki KTP Sulsel dan memiliki hak pilih pada saat Pilgub digelar nanti. Penentuan 1.667 warga Sulsel sebagai sampling berdasarkan total Pemilih Pada Pilgub Sulsel sebanyak -/+ 6,8 juta pemilih dengan Metode "Multistage Random Sampling". Sample ditentukan secara proposional dan mengunakan nilai tingkat kepercayaan Survei sebesar 95% dan Margin of Error sebesar 2,4 persen.

TAGS : Pilkada 2018 Pilgub Sulsel Hasil Survei




TERPOPULER :