Jum'at, 26/04/2024 19:15 WIB

Firefox, Google Chrome, atau Microsoft Edge: Mana yang Lebih Baik?

Cyber NSS Labs baru-baru melakukan penelitian terhadap ketiga peramban web tersebut.

Firefox Rocket di situs Mozilla

Jakarta – Alasan utama saat memilih browser biasanya adalah kecepatan. Dalam hal ini, Google Chrome dianggap punya kecepatan yang lebih baik ketimbang Firefox dan Microsoft Edge (pengganti Internet Explorer di Windows 10). Benarkah?

Sebuah perusahaan keamanan Cyber NSS Labs baru-baru ini melakukan penelitian terhadap ketiga peramban web tersebut. Penelitian itu dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif masing-masing browser, melindungi pengguna dari serangan pishing.

Perlu diketahui, pishing adalah pencurian data pribadi dengan memanfaatkan hasil login pengguna, baik saat membuka email, maupun kartu kredit saat bertransaksi secara online.

Pishing juga dapat dilakukan dengan mengirimkan email dan tautan (URL, Red) palsu, kemudian mengelabuhi pengguna agar menginput data pribadinya.

Dari hasil temuan itu, ternyata Microsoft Edge jauh lebih baik ketimbang Google Chrome dan Firefox. Peramban web bawaan Windows itu mempu memblokir 92,3 persen URL mencurigakan. Sementara Google Chrome memblokor 74,5 persen, dan Firefox 61,1 persen.

“Untuk melindungi pengguna terhadap serangan malware, vendor terkemuka menyediakan layanan reputasi berbasis cloud, yang mampu mengklasifikasikan situs jahat dalam daftar hitam, lalu memberikan skor,” jelas NSS Labs dikutip dari The Independent.

Jadi, bagaimana? Pilih Microsoft Edge, Chrome, atau Firefox?

KEYWORD :

Tekno Internet Google Chrome Firefox Microsoft Edge




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :