Jum'at, 15/12/2017 07:23 WIB

Internasional

Pengadilan India: Menikah di Bawah 18 Tahun Disebut Pemerkosaan

Pengadilan tertinggi India menutup celah hukum yang memperbolehkan pria melakukan hubungan seks dengan seorang wanita berusia di bawah 18 tahun

Seorang pengantin berusia 14 tahun yang difoto di India pada 2013 (Foto: Sky News)

Jakarta - Pengadilan tertinggi India menutup celah hukum yang memperbolehkan pria melakukan hubungan seks dengan seorang wanita berusia di bawah 18 tahun, meskipun dengan istrinya sendiri.

Putusan tersebut menyatakan melakukan hubungan seksual dengan seorang gadis di bawah 18 tahun adalah pemerkosaan terlepas apakah ia sudah menikah atau tidak.

Hukum India mengatakan seorang wanita setidaknya harus berusiac18 untuk menikah dan melakukan hubungan suami istri. Keputusan penting tersebut sudah lama diserukan oleh pegiat hak-hak anak dan perempuan, menutup celah yang memungkinkan seks perkawinan dengan anak perempuan yang berusia usia 15 tahun.

Melangsungkan perkawinan untuk gadis muda adalah tradisi lama di India, terutama di kalangan orang miskin pedesaan, di mana anak perempuan sering dianggap sebagai beban keuangan.

Data sensus tahun 2011 menyarankan hampir 12 juta anak-anak India menikah sebelum berusia 10 tahun. Lalitha Kumaramangalam, mantan ketua Komisi Nasional Perempuan, mengatakan, keputusan tersebut akan bertindak untuk mencerga orang tua melakukan pernikahan di bawah umur.

 

TAGS : India Pernikahan Seks Pemerkosaan




TERPOPULER :