Kamis, 23/11/2017 08:56 WIB

Internasional

Austria: Kesepakatan Nuklir Iran Akan Terus Maju tanpa Washington

Teheran mematuhi komitmennya di bawah JCPOA, mendesak pihak lain untuk menghormati kewajiban mereka juga.

Jan Kickert, perwakilan tetap Austria untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (Foto: Tehran Time)

Tehran - Jan Kickert, perwakilan tetap Austria untuk Perserikatan Bangsa Bangsa, dalam wawancaranya yang diterbitkan media Iran IRNA pada Selasa (10/10), mengatakan kesepakatan nuklir Iran akan terus berlanjut meskipun Washington menarik diri dari negara tersebut.

Kickert mengecam tindakan yang salah dan tidak dapat dibenarkan dari pemerintah Amerika Serikat saat ini yang ingin mempertanyakan kembali kepatuhan Iran terhadap kesepakatan tersebut, yang secara resmi dikenal sebagai JCPOA.

Ia juga mengatakan negaranya percaya, Teheran mematuhi komitmennya di bawah JCPOA, mendesak pihak lain untuk menghormati kewajiban mereka juga.

Trump berulang kali menyebut Iran tidak mematuhi kesepakatan untuk mengekang program nuklirnya. Selain itu ia menyebut kesepakatan nuklir yang ditandatangani oleh pendahulunya Barack Obama memalukan dari kesepakan yang pernah ada dalam sejarah Amerika Serikat

Untuk diketahui, berdasarkan kesepakatan yang dicapai pada tahun 2015 antara Iran dan enam kekuatan dunia lainnya, Teheran setuju untuk mengurangi program nuklirnya dengan imbalan bantuan sanksi ekonomi.

 

TAGS : Iran Kesepakatan Nuklir Austria PBB




TERPOPULER :