Sabtu, 23/01/2021 05:24 WIB

Hasil Survei, Kondisi Warga Kalbar Buruk Era Cornelis

Sejumlah daerah akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2018. Kalimantan Barat (Kalbar) salah satu daerah yang akan melaksanakan pemilihan gubernur (Pilgub).

Ilustrasi Pilkada 2018

Jakarta - Sejumlah daerah akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2018. Kalimantan Barat (Kalbar) salah satu daerah yang akan melaksanakan pemilihan gubernur (Pilgub).

Berdasarkan hasil survei yang dirilis Vox Populi Survey (VPS) yang bertema "Mencari Sosok Gubernur Kalbar untuk Menerima Tongkat Estafet Cornelis" menghasilkan sebanyak 63,7 persen responden menyatakan kondisi perekonomian Kalbar semakin buruk, sedangkan untuk kondisi ekonomi keluarga selama lima tahun terakhir juga dinilai semakin buruk oleh 65,6 responden.

Direktur Eksekutive Vox Populi Survei (VPS), Ahmad Fikri mengatakan, sebanyak 59,4 persen responden mengungkapkan bahwa aspek lapangan kerja yang minim  perlu diprioritaskan untuk dibenahi di Kalbar.

"Masyarakat Kalbar tampaknya tidak merasakan perkembangan yang signifikan dalam aspek perekonomian di Kalbar. Sebagian besar responden malah menyatakan kondisinya lebih buruk selama lima tahun terakhir," kata Fikri, dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (8/10).

Lebih lanjut, Ia mengatakan pernyataan masyarakat tentang kondisi pemerintahan Cornelis diperiode Kedua semakin jelas pada poin persepsi masyarakat Kalbar terhadap gubernur dari aspek kebijakan publik.

Dari total keseluruhan responden, 58,7 persen diantaranya menyatakan pemerintahan Provinsi Kalbar lebih buruk dari periode pertama kepemimpinan Cornelis dan 56,3 persen responden mengaku tidak puas dengan pemerintahan yang dipimpin selama dua periode oleh Cornelis.

Padahal, Cornelis berencana mengusung putrinya Carolin Margareth yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Landak yang dulu juga dipimpin oleh Cornelis ketika menjadi Bupati. Selain itu, hasil survei juga menunjukan bahwa hanya 65,7 persen masyarakat Kalbar yang mengetahui akan adanya Pilgub 2018.

Dari tokoh tokoh yang diuji dalam Survei tersebut tingkat popularitas Carolin Margareth mencapai 76,4 persen, mengungguli tokoh potensial Milton Crosby yang merupakan mantan Bupati Sintang dua periode yang mencapai 75,8 Persen.

Sementara itu, Awang Ishak Walikota Singkawang dua periode 72,1 persen, Sutarmidji Walikota Pontianak 71,8 Persen, Lasarus Anggota DPR dari PDIP 70,4 persen, Ria Norsan Bupati Mempawah 64,3 persen, Hildi Hamid Bupati Kayong Utara 61,2 persen, Suryadman Gidot Bupati Bengkayang 60,7 persen.

Saat diajukan pertanyaan terbuka jika Pilgub Kalbar diadakan hari ini, siapakah yang anda pilih. Milton Crosby mendapatkan 29,7 persen suara responden. Diurutan kedua ada Sutarmidji 20,2 persen, Lasarus 11,9 persen, Ria Norsan 9,3 persen, Hildi Hamid 8,4 persen, Karolin 5,3 persen, Awang Ishak 2,9 persen, Adrianus Asia Sidot 2,7 persen, Suryadman Gidot 2,3 persen. Sedangkan yang tidak menjawab sebanyak 7,3  persen.

Sedangkan dalam pertanyaan tertutup dalam kuisioner jika Pilgub Kalbar diadakan hari ini, siapakah yang anda pilih. Milton Crosby tetap berada pada urutan pertama dengan 31,2 persen suara responden. Diurutan kedua ada Sutarmidji 17,3 persen, Lasarus 12,4 persen, Ria Norsan 10,2 persen, Hildi Hamid 9,7 persen, Karolin Margareth 4,1 persen, Awang Ishak 3,2 persen, Adrianus Asia Sidot 3,1 persen, Suryadman Gidot 2,9 persen. sedangkan yang tidak menjawab sebanyak 5,9 persen.

"Dari hasil survei tersebut disimpulkan hanya Lasarus yang bukan kepala daerah dan mantan kepala daerah  diantara para tokoh, Lasarus bisa kuda hitam yang dicalonkan oleh PDIP dibandingkan Karolin," tegasnya.

Diketahui, survei ini berlangsung dari tanggal 17 September s/d 29 September 2017 di 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalbar dengan melibatkan 2077 responden yang tersebar secara proposional sesuai jumlah DPT Pilpres 2014 disetiap Kabupaten/Kota.

Pengambilan sample dalam survei tersebut menggunakan Metode Multistage Random Sampling dengan tingkat kepercayaan 95 dan margin of error kurang lebih 2,2 persen.

TAGS : Pilkada 2018 Pilgub Kalbar Cornelis




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :