Jum'at, 23/10/2020 18:14 WIB

KRI Bima Suci, Kapal Latih Terbesar Diresmikan

Peresmian KRI Bima Suci

Vigo - Acara peresmian KRI Bima Suci telah berlangsung di Dermaga Pelabuhan Vigo, Spanyol, pada hari Selasa (12/9/2017), dipimpin oleh KSAL Laksamana Ade Supandi. Hadir pula Wakil Presiden RI ke-6, Jend (Purn) TNI Try Sutrisno yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan Filosofi Bima Suci, dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Yuli Mumpuni Widarso yang menyaksikan acara serah terima dan menerima maket kapal latih terbesar di dunia tersebut.

Seluruh rangkaian acara telah berlangsung dengan lancar dan khidmad sesuai tradisi Angkatan Laut dan sangat mengesankan karena semua yang hadir mengungkapkan rasa bahagia, puas dan bangga dengan keberhasilan pembuatan kapal tersebut. Acara yang dihadiri oleh Presiden Xunta de Galicia Alberto Nunez Feijo, dan pejabat tinggi Pemerintah Xunta de Galicia, Kementerian Pertahanan Kerajaan Spanyol, dan Mabes AL Kerajaan Spanyol tersebut meliputi Acara Serah Terima Kapal Layar Latih NB705; kemudian Upacara Peresmian KRI Bima Suci dan Pengukuhan Komandan KRI Bima Suci, serta peninjauan kapal dan cocktail.

Komandan Satgas Proyek Pengadaan Kapal Layar Latih NB705, Laksamana Pertama Soetarmono dalam laporannya antara lain melaporkan kegiatan pengawasan yang dilaksanakan oleh Satgas terhadap seluruh proses pembuatan 1 unit kapal layar latih berdasarkan Perjanjian Kontrak Jual Beli antara Kementerian Pertahanan RI dengan galangan kapal Construcciones Navales Paulino Freire di Vigo, Spanyol,  dengan No. Kontrak: trak/931/pln/xi/2013 tanggal 13 November 2013 tentang Pengadaan Kapal Layar Latih di Spanyol.

Dirjen Freire Shipyard, Guillermo Freire, dalam sambutannya antara lain menyatakan bahwa hari ini adalah hari yang sangat penting bagi galangan kapal ini, acara serah terima  kapal Bima Suci ini menjadi akhir puncak sebuah proyek yang menandai tonggak sejarah bagi Freire Shipyard dan seluruh industri maritim Galicia. Bima Suci merupakan kapal sekolah pertama yang dibangun di galangan kapal ini, dan ini juga merupakan kapal sekolah pertama dari karakteristik ini yang dibangun di galangan kapal Galicia, sesuatu yang membuat  galangan kapal Freire merasa sangat bangga.

Secara teknis, kapal sekolah ini berukuran 111 meter dan lebar 13,5 meter, memiliki komponen inovatif yang tinggi dan memiliki produk yang jauh lebih unggul dibandingkan kapal lainnya untuk jenis ini. Sebuah kapal sekolah yang besar, dengan kapasitas terbesar dari semua kapal kategori untuk pelatihan kadet. Bima Suci memiliki desain baru dan orisinil yang dipersyaratkan oleh standar mewah beserta aneka ragam arsitektur interior, material dan elemen yang digunakan di dalamnya sehingga memberi kapal tingkat inovasi yang sangat tinggi dan tidak ditemukan di kapal serupa di wilayah Eropa.

Kapal ini juga kapal terbesar yang pernah dibangun dalam 20 tahun terakhir di Uni Eropa dan di seluruh dunia dan yang memiliki teknologi paling maju dibandingkan dengan sistem konvensional lainnya, seperti pada fleksibilitas dalam operasi, efisiensi pembangkit propulsi, manuver, serta tingkat getaran dan kebisingan yang lebih rendah yang meningkatkan kenyamanan di atas kapal, dan dengan layar - layar yang total lebarnya mencapai lebih dari 3.350 meter memungkinkannya memanfaatkan sepenuhnya tenaga angin dalam navigasi yang mampu mempunyai kecepatan maksimum 15 knot berkat teknologi bricbarca, dan kemampuan bermanuver berkat solusi teknologi yang paling canggih yang telah dihitung dengan disain dan konstruksinya, dan merupakan salah satu kapal sekolah paling modern di dunia sehingga perusahaan Freire sangat bangga, mendapat kehormatan untuk membangun kapal sekolah ini sebagai kapal layar terbesar yang pernah dibangun di Eropa dan belahan dunia lainnya.

Kapal Bima Suci akan menggantikan Kapal Sekolah KRI DEWARUCI yang legendaris dan akan menjadi duta terapung Indonesia, sebuah negara modern dan multikultural dengan tradisi panjang dalam perdagangan maritim internasional. Kapal ini yang akan mengarungi samudera luas, juga akan menjadi platform pengembangan ilmu pengetahuan dan pelatihan para kader yang akan mempromosikan nilai, kekayaan budaya dan negara Indonesia ke seluruh dunia.

Menteri Pertahanan RI dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh KSAL Laksamana Ade Supandi menyampaikan terima kasih keada semua pihak, antara lain KBRI Madrid, Kementerian Pertahanan Spanyol, Angkatan Laut Spanyol, pimpinan dan karyawan galangan kapal Freire,  dan Satgas Proyek Pengadaan Kapal Latih.

Selanjutnya disampaikan bahwa hari itu merupakan momentum yang akan menjadi titik awal lahirnya legenda baru Indonesia, KRI Bima Suci. Kapal ini akan menjadi tempat penggemblengan para calon pimpinan TNI AL yang  kelak akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

KRI Bima Suci akan menjadi salah satu sarana yang mempunyai peranan penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dan dalam mengemban fungsi diplomasi pertahanan. KRI Bima Suci juga menjadi wahana yang   sangat tepat untuk membangun jiwa bahari para Taruna Akademi Angkatan Laut. Kapal ini dalam setiap pelayaran muhibah ke luar negeri juga akan berperan sebagai duta bangsa untuk menyampaikan pesan dan promosi Indonesia ke seluruh dunia. Keberhasilan pembangunan kapal layar latih ini tentu saja berkat kerja sama dan hubungan yang sangat baik antara pihak-pihak yang terkait.

KBRI Madrid dalam siaran pers yang diterima Jurnas, merasa bangga dapat ikut menyaksikan dan berkontribusi dalam acara yang sangat bersejarah ini, yang menandai kuatnya hubungan persahabatan RI-Spanyol, sebagai sesama negara maritim.  KBRI Madrid juga mengisi salah satu rangkaian acara berupa penampilan Tari Piring dan Tari Serampang 12. Selain itu, KBRI Madrid juga menjadi co - host untuk Diplomatic Cocktail di KRI Bima Suci pada 17 September 2017.

TAGS : KRI Bima Suci KBRI Madrid Kapal TNI




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :