Sabtu, 20/04/2024 17:43 WIB

Menaker Hanif : Tirulah Pusat Pelatihan Keterampilan TKI di Singapura Ini!

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri meminta agar Atase Ketenagakerjaan dan Perwakilan RI di luar negeri lainnya 

Kemnaker

Singapura -- Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri meminta agar Atase Ketenagakerjaan dan Perwakilan RI di luar negeri lainnya meniru apa yang telah dilakukan Atnaker bersama KBRI Singapura dengan mendirikan Pusat Pelatihan Keterampilan Kerja bagi TKI yang berlokasi di Sekolah Indonesia Singapura (SIS).

Pesan itu disampaikan Hanif saat berkunjung ke Pusat Pelatihan Keterampilan Kerja bagi TKI di Singapura, Minggu, (03/09/17).

Para TKI yang  bekerja di Singapura ini mendapatkan pelatihan keterampilan kerja berupa tata rias kecantikan rambut dan kulit, menjahit, komputer, Bahasa Inggris, Universitas Terbuka serta kejar paket A dan B dan C.

Menteri Hanif mengatakan pelatihan kerja  bagi TKI ini sebagai bentuk komitmen negara untuk meningkatkan aspek perlindungan, pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan TKI dan keluarganya.

"Pelatihan kerja bagi TKI Singapura ini diharapkan bisa menjadi modal keterampilan atau berwirausaha,  jika suatu saat pulang kembali ke Tanah Air," kata Hanif.

Hanif mengatakan  sekembalinya bekerja  di negeri orang, para TKI ini akan dapat  berwirausaha sehingga bisa  mengembangkan daerah asalnya dan meningkatkan perekonomian daerah.

"Ini menjadi contoh bagi perwakilan pemerintah RI di negara lainnya dalam menyelenggarakan pelatihan keterampilan kerja untuk pemberdayaan TKI dan keluarganya, "kata Hanif.

Jenis -jenis pelatihan yang disediakan bagi TKI disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan TKI di setiap negara.

Selain meningkatkan keahlian para TKI, juga bertujuan membantu TKI meningkatkan pendapatan dan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di kampung halamannnya.

Turut mendampingi yaitu I. G. Ngurah Swajaya.
Dubes Indonesia untuk Singapura, Maruli A Hasoloan Dirjen Binapentasker, Bambang Satrio Lelono Dirjen Binalattas dan Sholahudin Atase Ketenagakerjaan di Singapura.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Menaker Hanif Dhakiri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :