Kamis, 13/08/2020 18:45 WIB

Internasional

Mobil Maut di Barcelona, PM Spanyol: Itu Terorisme Jihad

Serangan tersebut menyebabkan 13 korban tewas dan 100 orang luka-luka.

Ilustrasi garis polisi (foto: Patch)

Barcelona – Mobil van putih menabrak para pejalan kaki di salah satu destinasi wisata Barcelona, Las Ramblas, Kamis (17/8) sore waktu setempat. Serangan tersebut menyebabkan 13 korban tewas dan 100 orang luka-luka.

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy menduga kuat serangan teror tersebut didalangi oleh kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

“Serangan di Barcelona merupakan ‘jihad terorisme’. Karena itu Barcelona dan negara-negara Eropa yang terkena serangan mematikan ISIS menyatakan berkabung,” demikian pernyataan PM Spanyol dikutip dari ITV.

Seolah diamini, beberapa jam setelah kejadian, ISIS merilis pernyataan, membenarkan bahwa serangan mobil maut merupakan salah satu teror yang dilakukan oleh kelompoknya. Melalui kantor berita Amaq, ISIS mengungkapkan, “Pelaku serangan di Barcelona adalah tentara negara Islam, dan melakukan operasi atas perintah khilafah untuk menargetkan negara-negara koalisi,” tulis Amaq dilansir dari Independent, Jumat (18/6).

Kini, polisi Barcelona memperketat keamanan di Las Ramblas. Kepada BBC, kepolisian meminta warga setempat  agar waspada saat berlalu lalang di tempat umum.

TAGS : Terorisme Barcelona Mobil Maut




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :