Senin, 16/12/2019 18:17 WIB

Hakteknas 2017

Wapres Dorong Riset Fokus pada Kebutuhan

Ia menyebut negara bisa saja membiayai berbagai macam riset di dalam negeri.

Dari kiri ke kanan: Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Kemenko Maritim Luhut Pandjaitan, Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Wapres Jusuf Kalla, Kemenko PMK Puan Maharani, Menristekdikti Mohamad Nasir

Makassar – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) merespon keresahan peneliti dan perguruan tinggi yang terkendala anggaran untuk melakukan riset. Ia menyebut negara bisa saja membiayai berbagai macam riset di dalam negeri. Namun, saat ini yang dibutuhkan adalah fokus terhadap kebutuhan-kebutuhan yang mendasar.

“Sebenarnya tidak banyak. Tapi kita butuh hal-hal yang sifatnya mendasar. Seperti riset tentang gula, beras, garam atau bagaimana cara membangun rumah yang lebih cepat,” kata JK saat membuka perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2017 ke-22 di Centre Point of Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (10/8).

Tampak dalam acara tersebut Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Kemenko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, dan Kemenko PMK Puan Maharani.

JK mengingatkan teknologi bukan satu-satunya syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi sebuah negara yang maju. Selain ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), faktor semangat dan kedamaian suatu negara juga turut menentukan.

“Banyak negara yang kaya, punya sumber daya alam melimpah, tapi tidak memiliki kedamaian. Contohnya Timur Tengah. Negara dengan masyarakat yang berilmu pengetahuan tinggi, justru lebih mudah memperoleh kedamaian, karena sadar bahwa satu sama lain saling membutuhkan,” ujarnya.

Ada yang spesial dalam acara Hakteknas kali ini. Sebab, Kota Makassar yang dijadikan sebagai tuan rumah, merupakan kali pertama Hakteknas digelar di luar Pulau Jawa selama hampir lebih dari 20 tahun.

“Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi yang memiliki garis pantai terpanjang dan kota padat penduduk di kawasan timur Indonesia,” terang Menristekdikti.

TAGS : Hakteknas Pendidikan Jusuf Kalla




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :