Kamis, 22/11/2018 03:25 WIB

INTERNASIONAL

Berafiliasi dengan ISIS, Israel Blokir Al Jazeera

Keputusan Israel mengikuti jejak tetangga Timur Tengah Yordania dan Arab Saudi, yang telah menutup kantor-kantor lokal Al Jazeera. 

Al Jazeera (Foto: Independent)

Jakarta - Pemerintah Israel memutuskan memblokir portal berita Al Jazeera karena diduga mendukung terorisme. Selain itu,  juga menyimpulan kantor berita  tersebut alat dari ISIS, ekstrim Islam Sunni, dan juga Iran, negara Muslim Syiah terkemuka.

Menteri komunikasi Israel Ayoub Kara, mengatakan akan memblokir semua saluran Arab dan Inggris yang berbasis di Qatar dan menghapus kredensial pers para jurnalisnya.

Kara menuduh stasiun tersebut mendukung terorisme. Ia bahkan menyetujui usulan untuk mencabut stasiun TV kabal tersbut dari udara, namun penutupan kantor tersebut akan memerlukan undang-undang lebih lanjut.

”Akhir-akhir ini, hampir semua negara di wilayah kami menetapkan bahwa Al Jazeera mendukung terorisme, mendukung radikalisasi agama,” kata Kara, dikutip dari  Independen, pada Senin (7/8)

”Dan ketika semua negara menunjukkan fakta, Al Jazeera alat dari Negara Islam (ISIS), Hamas, Hizbullah dan Iran, kami adalah satu-satunya yang belum menentukannya, lalu ada sesuatu yang delusi terjadi sini,” jelasnya

Jaringan tersebut, yang memiliki 80 kantor di seluruh dunia, menanggapi di situsnya, dengan mengatakan, ”Al Jazeera menekankan, mereka akan mengamati perkembangan yang mungkin terjadi dari keputusan Israel, dan akan mengambil tindakan hukum yang diperlukan untuk melakukannya.”

Selain itu ia membantah tuduhan, liputan tentang kerusuhan baru-baru ini di Masjid al-Aqsa di Yerusalem tidak profesional.” Al Jazeera akan terus meliput kejadian-kejadian wilayah Palestina yang diduduki secara profesional dan akurat, sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh badan-badan internasional, seperti Kantor Komunikasi Inggris (Ofcom),” katanya.

Keputusan Israel mengikuti jejak tetangga Timur Tengah Yordania dan Arab Saudi, yang telah menutup kantor-kantor lokal Al Jazeera. Saluran Al Jazeera dan situs web lainnya yang  dimiliki pemerintah Qatar, juga telah diblokir di Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Mesir dan Bahrain. Sementara Mesir melarang Al Jazeera beberapa tahun lalu.

TAGS : Al Jazeera Qatar




TERPOPULER :