Jum'at, 19/04/2024 13:43 WIB

PDIP Persilakan PAN Keluar Kabinet Jokowi

PDIP tidak keberatan jika Partai Amanat Nasional (PAN) keluar dari kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. Tanpa PAN, Kabinet Kerja berjalan baik.

Ketua DPP PDIP, Andreas Hugo Pareira

Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) tidak keberatan jika Partai Amanat Nasional (PAN) keluar dari kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. Tanpa PAN, Kabinet Kerja berjalan baik.

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan, keberadaan PAN di kabinet Jokowi bukan sebagai persoalan yang memaksa. Menurutnya, masih ada yang lebih berkompeten menggantikan kursi menteri dari partai pimpinan Zulkifli Hasan itu.

"Tidak ada yang memaksa (PAN) tetap di kabinet dan masih ada yang lebih kompeten untuk posisi (menteri dari PAN) itu," kata Andreas, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (24/7).

Hal itu menanggapi sikap Fraksi PAN yang walk out saat pengambilan keputusan RUU Pemilu terkait presidential thresould atau ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden yang diusulkan pemerintah sebesar 20 persen.

Meski demikian, kata Andreas, reshuffle kabinet atau perombakan menteri merupakan hak dan kewenangan dari Presiden Jokowi. Untuk itu, Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi selaku pemangku hak prerogatif.

"Pemerintah akan jalan terus dengan atau tanpa PAN. Dan ini bukan persoalan pemerintah atau PDIP," tegasnya.

Diketahui, PAN memiliki jatah satu kursi menteri di Kabinet Kerja pasca menyatakan sikap berkoalisi dengan pemerintahan Presiden Jokowi. Selain itu, Kepala Komite Ekonomi dan Industri Nasional yang ditempati Sutrisno Bachir.

KEYWORD :

Reshuffle Kabinet Presiden Jokowi Kabinet Kerja PAN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :