Jum'at, 19/04/2024 16:17 WIB

Menristekdikti Dorong Pengembangan Rumput Laut Palopo

Mudah-mudahan kedepannya Palopo akan menjadi Pusat Unggulan Inovasi yang berbasis pada rumput laut, kata Menristekdikti.

Menristekdikti Mohamad Nasir melakukan teleconference dengan Walikota Palopo, Selasa (11/7) di Jakarta

Jakarta – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir melaunching Safari Pusat Unggulan Iptek (PUI) 2017 bertemakan Bakti Teknologi untuk Negeri, yang dilaksanakan di Kantor Kemenristekdikti Gedung D Senayan, Selasa (11/7).

Namun kali ini acara launching agak berbeda, Karena Menteri Nasir berbincang dengan Walikota Palopo beserta Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) dan lapisan masyarakat Palopo melalui teleconference.

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-22 Tahun 2017, PUI Kemenristekdikti menyelenggarakan kegiatan Safari PUI 2017 dengan tujuan mendayagunakan dan mendiseminasikan teknologi unggulan yang dimiliki Lembaga PUI kepada masyarakat pengguna.

Dengan adanya sinergi antara Walikota Palopo dengan masyarakat dalam pengembangan rumput laut, Menteri Nasir berharap Palopo bisa menjadi Pusat Unggulan Inovasi.

“Rumput laut yang menjadi kebanggaan masyarakat palopo bisa bekerja sama dengan Perguruan Tinggi melalui konsorsium di bawah Universitas Hasanuddin Makassar. Mudah-mudahan kedepannya Palopo akan menjadi Pusat Unggulan Inovasi yang berbasis pada rumput laut,” kata Menristekdikti.

Menteri Nasir menambahkan puncak acara Safari PUI 2017 ini nanti akan dilakukan dengan penanaman padi sidenuk di 24 kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Selatan.

"Saya sudah bekerja sama dengan pak Gubernur Sulawesi Selatan, yaitu penanaman padi untuk 24 Kabupaten/Kota seluruh Sulawesi Selatan, yaitu untuk memanfaatkan hasil teknologi padi sidenuk yang dihasilkan oleh BATAN,“ ujarnya.

KEYWORD :

Kemristekdikti PUI Teknologi Mohamad Nasir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :