Senin, 11/12/2017 22:19 WIB

Video Sholat Joged Tradisi Dzikir Saman Jadi Viral

Ternyata gerakan serta bacaan yang ada dalam video yang menjadi viral itu adalah tradisi dzikir Ratib Saman/ Ratib Tegak yang biasa dilakukan oleh sebagian umat muslim di Kerinci, Jambi

Lantunan ratib saman di peresmian lapangan basket Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru (Foto: Pesantrenbabusalam)

Pasuruan - Beberapa waktu lalu sempat beredar video yang menggemparkan netizen Indonesia. Dalam video yang beredar tersebut, terlihat sekelompok wanita yang mengenakan mukenah dan pria berpeci yang sedang berada dalam masjid, mereka terlihat bergoyang-goyang seperti berjoged sembari meneriakkan sesuatu kalimat yang dalam video kurang dapat dipahami kalimat apa itu.

Video ini pun menuai berbagai kontra dari netizen, sebagian menganggap apa yang dilakukan dalam masjid itu tidak pantas, seperti yang dikatakan akun ett.rizki "astagfirullah itu gak boleh dilakukan didalam masjid...di masjid itu ada adabnya....doaa kehed!!!", "ya Allah musnahkan umatmu yang seperti ini aminn dan hilangkan lah semua orang itu ya allah,"dll. Namun sebagian lain memberikan opini agar tidak langsung percaya tanpa memahami maksud video tersebut.

Menurut keterangan yang menyertai video itu, orang-orang ini dikatakan tengah melaksanakan sholat, maka dari itu banyak yang menghujat cara beribadah yang aneh tersebut.

Tapi setelah diklarifikasi lagi, ternyata gerakan serta bacaan yang ada dalam video itu adalah tradisi dzikir Ratib Saman/ Ratib Tegak, yang biasa dilakukan oleh sebagian umat muslim di Kerinci, Jambi. Tradisi ini ternyata sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu.

Menurut keterangan yang dihimpun dari Indonesia heritage, sebelum pembangunan masjid Keramat di Pulau Tengah dilakukan, tiang-tiang masjid yang berukuran besar itu dishalat dan dzikirkan, dengan maksud agar pembangunannya berjalan lancar.

Ratib Saman dikembangkan dan diamalkan pertama kali oleh ulama tarekat terkemuka yang merupakan keturunan nabi Muhammad, sekaligus penjaga makan Rasulullah SAW, yang bernama Syeikh Muhammad Saman Al-Madani. Namun dipopulerkan di Pulau Tengah oleh ulama yang lebih dikenal dengan Syekh Qulhu.

TAGS : Video Viral Ratib Tegak Ratib Saman




TERPOPULER :