Sabtu, 20/04/2024 04:37 WIB

Kuliner Indonesia Dipamerkan di Spanyol

Di sela-sela acara pameran tersebut, dijajaki peluang dalam membuka restoran Indonesia di Madrid dan Las Palmas.

Suasana stand Indonesia di Pameran International Salon De Gourmet ke 31 di IFEMA Madrid yang diselenggarakan tanggal 24-29 April 2017

Madrid – Untuk kali pertama, Indonesia berpartisipasi pada pameran International Salon De Gourmet ke 31 di IFEMA Madrid, Spanyol yang diselenggarakan 24-29 April 2017. Partisipasi Indonesia diikuti oleh Atase Perdagangan KBRI Madrid, ITPC Barcelona dan 2 perusahaan asal Indonesia yakni PT. Tiga Pilar Sejahtera Foods, Javaro Coffee dan APJI (Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia) dengan menempati area 30m2 pada Hall 8 Paviliun G37.

Tujuan utama keikutsertaan Indonesia pada pameran ini untuk menerobos pasar di bidang makanan dan minuman serta kuliner di wilayah Spanyol dan Eropa lainnya serta Medeterania, Amerika latin dan Afrika.

Pameran Gourmet merupakan platform yang efisien bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk memasuki gerbang baru bagi produk-produk kuliner Indonesia dan memperluas jalinan dan networking kontak bisnis dengan perusahaan-perusahaan dari Spanyol dan 30 negara antara lain. Diantaranya Argentina, Belgia, Belanda, Hungaria, Italia, Inggris, Jepang, Jerman, Kolombia Latvia, Meksiko, Swedia, Serbia, Swiss, Perancis, Portugal, Peru, dan negara Kanada telah menjadi  negara guest of honor.

Salon Gourmet ke-31 yang memiliki 5 Hall telah menghadirkan 1.500 peserta pameran, 37.500 produk dan 1.200 produk baru dan menghadirkan 85.000 pengunjung dari berbagai dunia serta diperkirakan ekspetasi transaksi (direct and indirect) senilai € 200 Juta.   Selain memperkenalkan produk makanan kemasan dan kuliner Indonesia yang siap menyaingi produk-produk Internasional lainnya, Indonesia juga memperkenalkan potensi industri makanan dan minuman Indonesia yang telah memenuhi standar internasional.

Dalam pernyataannya, Duta Besar RI di Madrid, Yuli Mumpuni Widarso mengapresiasi dan mendukung keikutsertaan Indonesia khususnya perusahaan-perusahaan Nusantara pada pameran ini yang juga dihadiri Ketua Umum APJI, Ibu Ayu Muliadi kali ini. “Sangat penting mengikuti pameran yang berbobot internasional yang menawarkan banyak peluang dan potensi bagi pemasaran produk makanan dan minuman Indonesia serta mendorong produk-produk makanan dan minuman Indonesia masuk ke pasar-pasar Eropa sehingga dapat meningkatan produk ekspor Indonesia ke Spanyol,” demikian pernyataan Yuli Mumpuni dalam siaran pers KBRI Madrid.

Pada pemeran yang dibuka H.E. Sra. Isabel Garcia Tejerina, Menteri Pertanian dan Perikanan Spanyol ini, perusahaan-perusahaan Indonesia menampilkan produk makanan kemasan  dan kopi serta produk maskan kuliner yang diharapkan dapat menembus pasar internasional khususnya Spanyol. Adapun nilai transaksi pada pameran ini memberikan capaian yang sangat besar bagi perusahaan makanan kemasan dan minuman Indonesia yang bernilai USD 201.000.

Penampilan stand Indonesia telah memberikan daya tarik tersendiri  melalui penyajian berbagai menu kuliner Indonesia seperti nasi kuning, ayam goreng kremes, rendang, mie dan bihun goreng serta sate ayam bumbu kacang oleh Chef APJI. Para pengunjung yang mencicipi sajian tersebut menyatakan kekagumannya atas nikmat rasa masakan Indonesia, sekaligus menyayangkan tidak adanya restoran Indonesia di Madrid.

Dalam rangka merespon permintaan pasar tersebut, di sela-sela acara pameran tersebut, Kepala Bidang Luar Negeri APJI, Reny Feby telah melakukan pertemuan dengan Isadora Tan (Diaspora Indonesia di Madrid) untuk menjajaki peluang dalam membuka restoran Indonesia di Madrid. Selain itu, APJI juga melaksanakan negosiasi dengan perusahaan Kunandia SL dalam rangka pembukaan restoran Indonesia di Las Palmas. Seperti diketahui, Las Palmas merupakan salah satu destinasi turis utama di Spanyol, di mana pada tahun 2016, tercatat sebagai daerah di Spanyol yang menerima kunjungan turis terbanyak.

KEYWORD :

produk indonesia Salon De Gourmet kuliner




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :