Sabtu, 02/03/2024 19:47 WIB

Puan Isi Masa Tenang dengan Kulineran, Masak Bareng Thariq Halilintar Cs di Solo

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengisi masa tenang Pemilu dengan melakukan berbagai aktivitas santai di Solo, Jawa Tengah.

Puan Maharani Isi Masa Tenang dengan Kulineran, Belanja hingga Masak Bareng Thariq Halilintar Cs di Solo

 

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengisi masa tenang Pemilu dengan melakukan berbagai aktivitas santai di Solo, Jawa Tengah. Ketua DPR RI itu kulineran, belanja ke pasar, hingga masak bersama sejumlah influencer dan fungsionaris PDIP.

H-2 pelaksanaan Pemilu 2024, Senin (12/2/2024), Puan menjajal bubur bakar di Kampung Badran, Laweyan, Solo, yang belakangan viral. Ia sarapan bubur bakar Badran bersama Thariq Halilintar, Aaliyah Massaid, Marsha Aruan, dan Renaldy Pijiansyah. Turut hadir pula Pinka Hapsari yang merupakan Bendahara Umum Taruna Merah Putih (TMP) PDIP sekaligus putri Puan.

“Hari kedua masa tenang, saya makan bubur bakar di Solo. Nyantai-nyantai dulu supaya nanti tanggal 14 Februari semangat,” kata Puan yang duduk satu meja dengan Thariq Halilintar.

Bubur bakar Badran sendiri memiliki kekhasan karena disajikan dalam clay pot, sehingga bubur tetap hangat meski sudah beberapa waktu dikeluarkan dari panci. Puan sempat berbincang dengan pemilik warung bubur, Yenny Setiowati yang mengatakan sebelum dijadikan tempat usaha, warung ini merupakan rumah baca yang menampung anak-anak jalanan.

“Dulu juga sering buat agenda-agenda sosial. Sejak tahun 2020 baru jadi warung bubur. Karyawan warung bubur dari anak-anak binaan rumah baca,” ungkap Yenny didampingi suaminya, Dani Setiawan, pendiri dan pengurus rumah baca.

Puan pun memuji bubur bakar Badran yang memiliki kekhasan dalam penyajiannya.

“Kalau saya makan bubur sukanya harus panas, jadi di sini saya lebih lahap. Karena kadang-kadang beli bubur sampai meja sudah nggak terlalu panas,” tutur mantan Menko PMK itu.

“Walau tanpa santan, rasanya enak gurih. Khas bubur jowo,” lanjut Puan.

Selesai sarapan, cucu Bung Karno ini bersama para influencer dan rombongan beranjak ke Pasar Gede Solo untuk belanja sayur-sayuran. Puan membeli bahan masakan yang akan ia olah untuk makan bersama dengan para fungsionaris partai.

Kehadiran Puan di Pasar Gede disambut meriah warga dan para pedagang. Tak sedikit yang menghampirinya langsung untuk bersalaman maupun meminta selfie sambil salam metal.

Di pasar, Puan berbelanja bahan sayur sop, tahu-tempe, ati rempela ayam, telur, hingga buah-buahan seperti alpukat. Ia blusukan sekaligus menanyakan harga-harga kebutuhan pokok jelang bulan Ramadhan.

Saat blusukan di Pasar Gede, ada seorang pedagang yang memberikan kue keranjang untuk Puan. Karena masih dalam suasana Tahun Baru China, dekorasi Pasar Gede penuh dengan nuansa Imlek. Lampu lampion terlihat terpajang di beberapa sudut pasar.

Setelah belanja, Puan dan rombongan lalu menikmati Es Dawet Telasih Bu Dermi yang terkenal dengan santan perasan tangannya. Penjual dawet mengaku senang karena Puan makan di lapaknya. Beberapa plastik es dawet juga dibeli untuk melengkapi makan siang bersama di Posko Puan.

“Sampe yang jualan nggak konsen iki. Kalau makan di sini, dawet isinya lengkap. Yang bikin beda santennya masih diperas pakai tangan,” tutur Puan sambil bercanda.

Dari pasar, Puan lalu menuju Posko pemenangannya yang berada di Jalan Bhayangkara, Solo. Di Posko Puan, Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md itu memasak sayur sop dan menggoreng tahu-tempe dengan meracik sendiri bumbu-bumbunya.

“Hari ini masa tenang. Saya di Solo, dapil saya. Pagi belanja, terus saya masak untuk temen-temen yang hadir di Posko Puan,” ungkap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI tersebut.

Tak sendiri, Puan memasak sayur dan lauk pauk bersama Thariq Halilintar dan influencer lainnya. Selain influencer dan warga sekitar posko, makan siang bersama Puan turut dihadiri jajaran pengurus PDIP, Anggota DPR seperti Agustina Wilujeng Pramestuti, dan bupati se-Solo Raya.

“Kita masak bikin sendiri aja, supaya guyub,” terang Puan.

Bila di hari kedua masa tenang diisi dengan kulineran dan memasak bersama, Puan mencoba offroad di area lereng Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada hari pertama masa tenang Pemilu, Minggu (11/2) kemarin. Ia berkeliling di kawasan Kemuning, Tawangmangu dengan menaiki jeep offroad dan mampir ke spot-spot wisata sekitar seperti Candi Cetho dan Jembatan Kaca.

“Kalau sudah merah menyala begini, apa pun yang merintangi, apa pun yang menghalangi, sikaaat...! Kemarin mencoba offroad di Tawangmangu. Menantang adrenalin bangeeet!” tukas Puan.

KEYWORD :

Puan Maharani Masa Tenang Pemilu Puan Kulineran Puan Masak Bareng Thariq Halilintar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :