Selasa, 16/04/2024 23:51 WIB

Pilkada DKI

Anies-Sandi Kalahkan Ahok-Djarot Jika Pemilihan Dilakukan Saat Ini

Persentase dukungan terhadap Anies-Sandi 47,9 persen, sedangkan Ahok-Djarot terpaut sedikit di bawahnya 46,9 persen.

Diskusi SMRC soal hasil survei Pilkada DKI.

Jakarta - Tingkat dukungan masyarakat pada Pilkada DKI sementara masih didominasi pasangan calon Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi) dibandingkan pesaingnya Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat (Ahok-Djarot). Hal itu ditunjukkan dari hasil survei Syaiful Mujani Research And Consultan (SMRC) yang dirilis hari ini, Rabu (12/4/2017).

Sebagaimana dipersentasikan peneliti senior SMRC Deni Irfani, pasangan calon Anies-Sandi mengalahkan Ahok-Djarot jika Pilkada dilakukan saat ini. Menurutnya, Anies-Sandi berhasil mendapatkan dukungan masyarakat dengan persentase 47,9 persen.

"Sementara Ahok-Djarot mendapatkan 46,9 persen," ungkap Deni dalam diskusi dan rilis survei SMRC yang bertema "Dinamika Pemilih Menuju Pilkada DKI Putaran Kedua" di kantor SMRC jalan Cisadane 8, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (12/4/2017).

Dijelaskan Deni, asumsi waktu saat ini disesuaikan dengan waktu pelaksanaan survei. Ia menjelaskan bahwa survei yang dilakukan pihaknya pada tanggal 31 Maret hingga 5 April 2017.

Sementara itu, Deni mengungkapkan dari seluruh responden yang diwawancarai terdapat 5,2 persen yang menyatakan tidak tahu atau memilih tidak menjawab. 

Disampaikan Deni, populasi survei menunjukan masyarakat DKI Jakarta yang punya hak pilih di Pilkada berumur 17 tahun ke atas atau sudahh menikah. Ia menyebutkan pihaknya melibatkan 800 korespondensi.

"Dalam survei ini jumlah sample sebanyak 800 orang dipilih dengan metode stratefied systematic andom sampling. Populasi pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) dikelompokkan menurut kecamatan dan gender. Jumlah sample di masing-masing stratum (kecamatan atau gender) ddialokasikan secara proporsional sesuai proporsi populasi pemilih," ujarnya. 

Deni menyatakan jumlah responden yang dapat diwawancarai secara valid sebanyak 446 atau 55,8 persen. Dalam keterangannya, toleransi kesalahan atau biasa disebut margin of error diperkirakan kurang lebih 4,7 persen pada tingkat keepercayaan 95 persen.

"Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih," jelasnya.

KEYWORD :

SMRC Deni Irfani Pilkada DKI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :