Jum'at, 21/09/2018 10:43 WIB

Internasional

Ini Negara yang Cowoknya Doyan Dandan

Industri kosmetik di Korea Selatan saat ini merupakan industri yang bernilai lebih dari satu miliar USD, dan yang paling mengejutkan ternyata konsumen terbesarnya adalah kaum lelaki.

Ilustrasi (Foto: Koreaboo)

Seoul - Industri kosmetik di Korea Selatan saat ini merupakan industri yang bernilai lebih dari satu miliar USD atau setara dengan Rp14triliun. Dan yang paling mengejutkan ternyata konsumen terbesarnya adalah kaum lelaki. Dilansir dari Koreaboo, menurut data yang dikumpulkan oleh salah satu aplikasi kosmetik Korea, Bird View, menyatakan minat pada produk make-up tumbuh dengan pesat terutama dikalangan pria selama Hari Valentine.

Menariknya pria Korea Selatan adalah konsumen produk perawatan kulit terbesar di dunia. Hwahae merupakan aplikasi make-up unggulan dengan menganalisis dari pola pencarian online yang berhubungan dengan kosmetik. Selama berbulan-bulan sebelum dan sesudah Hari Valentine tahun 2016 lalu aplikasi ini menunjukkan adanya peningkatan tajam dalam presentasi pencarian produk make-up untuk laki-laki.

Produk yang paling sering dicari adalah concealer dan pensil alis. Selain itu Hwahae juga menemukan seminggu sebelum Hari Valentine, pencarian produk make-up pria meningkat sampai 133%.

Peningkatan yang mendadak ini mengundang rasa ingin tahu banyak orang. Ternyata, peningkatan ini dikarenakan pria Korea Selatan menjadi tertarik pada produk perawaran kulit dan produk perlindungan matahari saat mereka mulai memasuki dinas militer, di mana mereka sering melakukan latihan di luar ruangan dan di bawah sinar matahari.

AmoeraPacific, sebuah perusahaan kosmetik Korea yang mendapat julukan "Asian Beauty Creator," menyatakan 70% dari laki-laki Korea Selatan yang sedang mengikuti Wajib Militer menggunakan produk kosmetik.

Ketertarikan kaum adam terhadap produk kosmetik ini kemudian berlanjut meski mereka telah keluar dari dinas militer, dan akhirnya jadi penggunaan sehari-hari.

Chief Marketing Officer Hwahae, Yoon Jin Jung menyatakan, "Pria yang dandan menjadi sangat umum saat ini, pasar kosmetik pria tumbuh sekitar 30-40% setiap tahun. Sekarang ada berbagai macam pilihan kosmetik untuk pria serta kebutuhan informasi tentang make-up pria juga tumbuh, maka dari itu kita akan mencoba memberikan info yang lebih relevan untuk konsumen pria kami."

TAGS : Korea K-drama K-pop Makeup Perawatan Kulit




TERPOPULER :