Jum'at, 27/11/2020 00:57 WIB

Begini Solusi Banjir Jakarta Menurut BNPB

Wilayah Jakarta ini mirip dengan daerah-daerah di Belanda, kata Willem, yang letaknya di bawah permukaan laut.

Ilustrasi genangan banjir di Jakarta.

Jakarta - Hujan selama beberpa hari lalu membuat Jakarta dipenuhi genangan yang menyebabkan banjir di sejumlah titik. Menurut Willem Rampangilei, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengingatkan bahwa Jakarta setiap tahun mengalami penurunan permukaan tanah secara signifikan 10 cm pertahun.

Kondisi geografis Jakarta itu turut menyumbang bencana genangan air yang meluap di banyak tempat di Jakarta. Wilayah Jakarta, jelas Willem, juga sudah dipenuhi oleh banyak bangunan yang tidak ada tempat lagi untuk penghijauan.

"Jangan berharap hijau kalau semua merah seperti ini. Kita di Jakarta harus berbicara mengenai mitigasi struktural," ucap Willem di kantor BNPB di Jakarta, pada Rabu (22/2).

Wilayah Jakarta ini mirip dengan daerah-daerah di Belanda, kata Willem, yang letaknya di bawah permukaan laut. Sehingga Jakarta perlu mencontoh yang telah dilakukan Belanda untuk penanggulangan bencana hidrometrologi.

Willem menyebut bahwa solusi yang bisa diterapkan untuk Jakarta adalah penerapan teknologi dalam pembangunan infrastruktur, perbaikan saluran air dan penambahan pasokan pompa air di sungai-sungai.

Hal tersebut pernah dilakukan oleh Belanda, yang konturnya mirip-mirip Jakarta, yaitu tanahnya di bawah permukaan laut.

"Jakarta itu memang mirip daerah-daerah di Belanda yang letaknya di bawah permukaan laut. Jadi harus bisa belajar dari Belanda. Belanda saja bisa, masa kita tidak bisa?" jelas kata Willem.[]

TAGS : banjir jakarta bnpb willem rampangilei




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :