Minggu, 23/09/2018 00:42 WIB

Kesehatan

Enam Kebiasaan Miliarder Sebelum Tidur

Tahukah Anda bagaimana kebiasaan sebelum para miliader? Simak jawabannya

Ilustrasi Uang

Jakarta - Tentunya kita semua sudah sering membaca banyak artikel tentang kebiasaan orang-orang sukses yang bangun di pagi hari dan menaklukan dunia disaat banyak orang masih tertidur lelap.

Tapi bagaimanakah kebiasaan orang-orang sukses tersebut sebelum tidur? Ternyata para miliader itu memiliki kebiasaan yang produktif ketika bangun di pagi hari ataupun sesaat sebelum tidur. Dilansir dari lifehack, berikut enam kebiasaan tidur para CEO dan Direktur perusahaan-perusahaan ternama dunia.

1. Membaca Selama Satu Jam

Bos Microsoft Bill Gate adalah seorang yang gila baca. Setiap malam sebelum tidur ia selalu menyempatkan diri untuk membaca setidaknya minimal satu jam. Buku yang dibaca cukup beragam, mulai dari buku politik ataupun topik-topik menarik lain yang sedang ngetren saat ini.

Selain manfaat memperoleh pengetahuan, membaca secara konsisten setiap hari telah terbukti dapat mengurangi stress dan meningkatkan kemampuan memori seseorang. Sebuah studi yang dilakukan University of Essex di tahun 2009 mengungkapkan bahwa membaca selama enam menit sehari dapat mengurangi tingkat stress hingga 68%.

Manfaat besar lain membaca sebelum tidur adalah dapat meningkatkan kesehatan otak. Karena kegiatan membaca itu seperti latihan mental bagi otak anda. Penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa orang yang merangsang pikiran dengan membaca, mengurangi resiko penurunan kognitif sampai 32% di usia tua, dibanding orang yang tidak rutin membaca.


2. Jauhkan Gadget dari Tempat Tidur

Salah seorang yang melakukan kebiasaan ini adalah Arianna Huffington, setelah ia mengalami cedera kepala ia selalu menempatkan telepon genggamnya di ruangan lain agar tiadak mengganggu tidurnya. Menurut Dr Charles Czeisler, seorang Profesor of Sleep Medicine asal Harvard, cahaya yang dihasilkan oleh layar telpon seluler dapat mengganggu ritme tidur alami seseorang. "Jadi jika Anda ingin mendapatkan tidur malam yang baik, simpanlah ponsel jauh dari tempat tidur anda, akan lebih baik jika anda menyimpannya di ruangan lain", jelasnya.

3. Berjalan-jalan Sebelum Tidur
CEO Buffer suka melakukan kebiasaan jalan santai sebelum tidur. Dia melakukannya dengan tujuan untuk mematikan pikiran soal pekerjaannya, dan mencoba menimbulkan rasa lelah.

Selain manfaat untuk kesehatan tubuh yang sudah jelas, ternyata salah satu studi menunjukkan bahwa berjalan dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Ketika Anda berjalan, pikiran Anda tidak bekerja dengan penuh semangat, kondisi tersebut akhirnya dapat "membuka aliran ide." Jadi jika Anda punya masalah sulit dan Anda belum mampu memecahkannya, cobalah melakukan jalan santai di malam hari, karena mungkin anda dapat menemukan solusi kreatif dari masalah yang sedang dihadapi.

4. Meditasi

Banyak pakar yang telah lama mendukung gagasan baiknya meditasi secara teratur. Oprah Winfrey misalnya meski memiliki jadwal yang sangat padat, ia tetap menyempatkan diri untuk melakukan meditasi sebelum ia beristirahat malam.

Sebuah studi pada 2014 yang mencoba meneliti 19 ribu kasus soal meditasi menunjukkan hasil yang jelas. Meditasi terbukti membantu mengurangi stres, rasa cemas yang berlebihan, dan depresi.

5. Berkreasi

Vera Wang, perancang busana gaun pengantin ternama menyatakan bahwa ia sering merancang desain gaunnya sesaat sebelum ia tertidur. Karena malam terkadang dapat menjadi obat sempurna bagi orang-orang yang mengejar kreatifitasnya.

Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yang menunjukkan bahwa waktu malam merupakan waktu yang tepat untuk kreatifitas, bahkan ketika seseorang lelah setelah menjalani aktivitas hariannya. Studi di universitas Albion mengungkapkan bahwa tugas yang berhubungan dengan kreatifitas akan lebih sering muncul selama masa non-optimal.

Maksudnya adalah jika anda seorang morning person (aktif di pagi hari), maka ide-ide kreatfi Anda akan bermunculan tepat sesaat sebelum Anda tidur. Peneliti meyakini hal ini dikarenakan ketika malam koneksi logis seseorang mengalami penurunan dan sebaliknya, membuat koneksi kreatif anda meningkat simpelnya kemampuan otak kiri menurun, namun kemampuan otak kanan meningkat.

6. Merencanakan Hari Esok

CEO American Express sangat detail dalam mengatur waktunya, dan ia sering mengakhiri malam hari dengan menuliskan tiga rencana tentang apa yang harus ia lakukan atau selesaikan di keesokan harinya. Jadi ketika ia bangun di keesokan hari, dia bisa mulai bekerja untuk menyelesaikan tugas-tugas yang paling penting tersebut.

Terdapat penelitian yang dilakukan dari awal tahun 90-an menunjukkan hasil yang mengejutkan. Peneliti mengikuti sekelompok mahasiswa dari awal semester pertama sampai empat tahun kemudian. Mereka menemukan mahasiswa yang memiliki manajemen waktu yang baik memiliki nilai yang lebih tinggi dan memiliki potensi sukses yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengatur waktunya.

TAGS : Kebiasaan Miliader Bill Gates Sukses




TERPOPULER :