Rabu, 19/09/2018 06:25 WIB

Ingin Gigi Anak Tetap Sehat? Coba Terapkan Ini

Diperlukan perhatian khusus bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana merawat gigi anak agar tetap terjaga kesehatan giginya.

Ilustrasi Gigi Sehat

Tentu saja, setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya, terutama terkait kesehatan anak-anaknya. Orang tua harus memperhatikan kesehatan anaknya dari ujung rambut sampai ujung kaki, khususnya di bagian gigi. Hal ini dikarenakan yang terkadang cepat rusak pada usia anak-anak yaitu gigi. Sebabnya tak lain adalah makanan dan minuman yang dikonsumsinya.

Diperlukan perhatian khusus bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana merawat gigi anak agar tetap terjaga kesehatan giginya.

Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan oleh para orang tua agar dapat menjaga kesehatan gigi anak-anaknya, sebagaimana dikutip dari Bright Side Dental:

Pastikan anak Anda gosok gigi dua kali sehari
Untuk menjaga agar gigi anak Anda tetap sehat, maka pastikan ia menggosok gigi dua kali sehari. Ini bisa dilakukan setiap pagi dan malam hari. Namun, Anda harus mengetahui jenis gigi anak Anda, guna menentukan jenis pasta gigi yang baik untuk digunakan. Cobalah untuk menggunakan sikat gigi yang lembut dan berbulu, agar tidak melukai gusi anak Anda saat ia menyikat gigi.

Bersihkan sela-sela gigi dengan benang
Terkadang menggosok gigi saja tidak cukup untuk membersihkan gigi anak Anda, maka Anda boleh menggunakan benang khusus untuk membersihkan sela-sela gigi anak Anda. Jika anak Anda belum bisa menggunakan dengan tangan sendiri, Anda dapat membantunya melakukan hal tersebut.

Batasi mengonsumsi makanan yang mengandung gula
Salah satu penyebab rusaknya gigi pada manusia yaitu banyak mengonsumsi makanan-makanan manis yang mengandung banyak gula. Oleh karena itu, cobalah untuk membatasi anak Anda untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang manis dan lengket.

Kurangi meminum minuman yang manis
Anda harus menyuruh anak Anda untuk mengurangi meminum minuman yang manis-manis, karena hal ini juga dapat merusak gigi dengan cepat. Anda dapat menggantinya dengan minuman-minuman mengandung kadar gula yang rendah, sehingga anak Anda terhindar dari resiko rusaknya gigi.

Lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi
Pemeriksaan gigi secara rutin sangat diperlukan untuk kesehatan gigi anak Anda, paling tidak setiap enam bulan sekali. Hal ini penting agar Anda dapat mengetahui perkembangan kesehatan giginya.

TAGS : kesehatan gigi gigi anak kadar gula




TERPOPULER :