Minggu, 18/11/2018 07:26 WIB

Bau Badan? Berikut Cara Mengatasinya

Tentu saja itu masalah yang memalukan bagi setiap orang. Bau badan lebih akan melunturkan kepercayaan diri, membuat malu berinteraksi dengan orang lain atau dijauhi teman.

Ilustrasi masalah bau badan

Jakarta - Punya problem bau badan? Tentu saja itu masalah yang memalukan bagi setiap orang. Bau badan lebih akan melunturkan kepercayaan diri, membuat malu berinteraksi dengan orang lain atau dijauhi teman. Meski ada banyak produk penghilang bau badan di pasaran, namun banyak mengandung bahan kimia berbahaya yang digunakan jangka panjang tidak dianjurkan.

Banyak orang yang mencari alternatif yang lebih alami untuk menghilangkan bau badan. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bau badan secara alami, sebagaimana dikutip pada Wikihow, sebagai berikut;

Mandi secara teratur
Ketika seseorang berkeringat, maka tubuhnya akan dipenuhi bakteri yang dapat menyebabkan bau badan, sehingga sangat penting untuk mandi secara teratur agar bakteri tersebut tidak berkembang di tubuh Anda. Gunakanlah sabun yang lembut dan mengandung anti bakteri serta menghasilkan busa yang banyak agar seluruh badan Anda, termasuk ketiak dapat terhindarkan dari bakteri tersebut.

Pastikan tubuh Anda kering usai mandi
Setelah Anda selesai mandi, sebaiknya sebelum menggunakan pakain, pastikan bahwa tubuh Anda benar-benar kering terutama di bagian-bagian yang rawan menimbulkan bau badan, seperti selangkangan, ketiak, dan sekitar puting. Hal tersebut berguna untuk memastikan bahwa bakteri tak melekat pada tubuh Anda. Anda juga dapat menggunakan bedak untuk membuat badan Anda kering.

Basmi tempat berkembang biaknya bakteri
Banyak cara yang dapat dilakukan guna menghilangkan tempat berkembang biaknya bakteri seperti mencukur bulu ketiak (salah satu tempat berkembangnya bakteri), membersihkan bagian-bagian kotor lainnya, seperti bagian dalam sepatu, baju kotor, dll. Hal tersebut harus dilakukan karena tempat itulah yang berpotensi besar untuk berkembang biaknya bakteri yang dapat menimbulkan bau badan.

Mengenakan pakaian katun yang bersih
Kenakan pakaian serat alami seperti katun, sutra atau wol, karena hal itu dapat mengurangi intensitas keringat yang dihasilkan tubuh Anda saat beraktivitas. Hal ini dikarenakan salah satu hal yang menyebabkan bau badan adalah intensitas keringat yang besar. Jika Anda berolahraga, cobalah untuk menggunakan bahan yang sintetis yang dapat menyerap keringat dengan cepat agar bakteri tidak berkembang biak, dan dapat membuat kulit Anda menerima udara, sehingga ia tetap kering, dan segar.[]

TAGS : bau badan cara mengatasi




TERPOPULER :