Jum'at, 26/04/2024 11:36 WIB

Keajaiban Air Kelapa pada Tubuh Anda

Selain kesegarannya, air kelapa sebagai salah satu alternatif penghilang dahaga, ternyata memiliki seribu manfaat. Cairan ini mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Air kelapa (foto: Google)

Jakarta - Selain kesegarannya, air kelapa sebagai salah satu alternatif penghilang dahaga, ternyata memiliki seribu manfaat. Cairan ini mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Ini delapan manfaat air kelapa yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Membantu menurunkan berat badan
Kandungan lemak dalam air kelapa sangat rendah. Dikonsumsi sebanyak apapun, tidak akan berpengaruh pada berat badan Anda. Air kelapa juga menurunkan nafsu makan, dan membuat Anda merasa kenyang karena kandungan nutrisinya yang banyak.

2. Membuat kulit wajah menjadi lebih indah
Cobalah membasuh wajah Anda dengan air kelapa. Manfaat air kelapa sangat bagus buat kulit wajah, salah satunya untuk kulit berjerawat atau bekas jerawat. Penggunaan air kelapa pada wajah akan membantu menghilangkan jerawat serta bekasnya, plus kulit terlihat lebih cerah. Air kelapa ini bermanfaat juga untuk melembabkan kulit atau rambut Anda.

3. Penawar minuman beralkohol
Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol, konsumsi air kelapa dapat menetralkannya. Air kelapa membantu Anda melewati hangover atau sakit kepala akibat terlalu banyak konsumsi alkohol.

4. Baik untuk pencernaan
Apakah Anda mengalami sulit buang air besar? Air kelapa dapat membantu Anda melancarkan buang air besar. Air kelapa mengandung serat yang tinggi, yang sangat bermanfaat mencegah kembung dan menurunkan asam lambung.

5. Gampang diserap tubuh
Pada air kelapa terkandung 294 mg potasium dan 5 mg gula alami, yang lebih tinggi dibandingkan dengan minuman berenergi pada umumnya. Minuman berenergi hanya mengandung setengahnya saja, sementara kandungan gula air kelapa lima kali lebih banyak. Inilah mengapa air kelapa dapat menghidrasi tubuh dengan lebih baik. Jika Anda berolahraga, air kelapa sangat efektif menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga.

6. Menurunkan tekanan darah
Dalam banyak kasus, tingkat yang tidak proporsional dari elektrolit dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Ternyata, air kelapa mengandung pasokan yang cukup dari masing-masing elektrolit, maka ia dapat digunakan sebagai mekanisme penyeimbang. Dalam beberapa kasus, dianjurkan bahwa air kelapa dikonsumsi pada awal setiap hari untuk mendorong keseimbangan elektrolit ini.

7. Kaya Nutrisi
Tidak seperti minuman lain di pasaran, air kelapa mengandung lima elektrolit penting yang hadir dalam tubuh manusia. Ini termasuk: kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan natrium. Komposisi yang unik, dari air kelapa itu dapat dinikmati oleh individu dengan berbagai kondisi medis.

8. Sesuai dengan darah manusia
Air kelapa disebut sebagai isotonik bagi plasma manusia. Air kelapa dapat digunakan dalam keadaan yang sangat darurat untuk menghidrasi tubuh manusia dengan cepat. Caranya, diinfuskan, atau dengan kata lain dapat digunakan sebagai infus. Hal ini sebenarnya sudah biasa dilakukan oleh negara-negara miskin atau negara dunia ketiga untuk menyelamatkan nyawa manusia.[]

KEYWORD :

Air Kelapa Keajaiban Tubuh Hidup Sehat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :