https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

KPK Panggil Vice President PT Taspen Terkait Korupsi Investasi Fiktif

Gery David Sitompul | Jum'at, 26/04/2024 15:44 WIB

KPK belum menjelaskan mengenai materi pemeriksaan saksi  Logo KPK

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Senior Vice President Investasi Pasar Modal dan Pasar Uang PT. Taspen (Persero), Labuan Nababan pada Jumat, 26 April 2024.

Labuan Nababan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi kasus dugaan korupsi terkait kegiatan investasi fiktif di PT Taspen

"Hari ini bertempat di gedung Merah Putih KPK, tim penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya.

Baca juga :
Sindir Nurul Ghufron, MAKI Minta Bantuan Mutasi PNS di Papua

Hanya saja, Ali Fikri tidak menjelaskan mengenai materi pemeriksaan saksi Labuan Nababan. Namun, setiap saksi yang dipanggil KPK, diduga menetahui soal perkara tersebut.

Diketahui, KPK telah meningkatkan status perkara dugaan korupsi di PT Taspen ke tingkat penyidikan dengan menetapkan tersangka. Namun, KPK belum mengungkapkan identitas tersangka dimaksud.

Baca juga :
KPK Sita Rumah Bupati Labuhanbatu, Nilainya Rp5,5 Miliar

Lembaga antikorupsi mentaksir jumlah kerugian negara dalam kasus ini mencapai ratusan miliar rupiah. KPK saat ini masih menghitung jumlah pasti kerugian negaranya.

Dalam proses penyidikan, KPK telah menggeledah sejumlah lokasi berbeda. Di antaranya, kantor PT Taspen, kantor swasta di Office 8 Building SCBD pada Jumat 8 Maret 2024.

Baca juga :
Eks Dirjen Minerba Ridwan Djamaluddin Divonis 3,5 Tahun Penjara

Dari dua lokasi itu, penyidik mengamankan barang bukti berupa dokumen, barang bukti elektronik (BBE), dan catatan keuangan. Barang bukti tersebut akan disita untuk melengkapi berkas perkara.

KPK juga telah melakukan pencegahan ke luar negeri terhadap dua orang yang terkait dengan kasus ini. Berdasarkan informasi, mereka yang dicegah ialah Antonius N S Kosasih selaku Direktur Utama PT Taspen (Persero) mulai tahun 2020 dan Ekiawan Heri Primaryanto sebagai Dirut PT Insight Investments Management.

KPK menyatakan akan terus menyampaikan perkembangan penanganan kasus ini. KPK juga meminta masyarakat untuk terus mengawal penanganan kasus dugaan korupsi di PT Taspen. 

(Gery David Sitompul)
KEYWORD :

KPK PT Taspen Korupsi Investasi Foktif Perusahaan BUMN