https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Harlah ke 70 Ponpes Annawawi Tekankan Pentingnya Adab dan Etika

Agus Mughni | Rabu, 06/03/2024 16:36 WIB

Harlah ke 70 Ponpes Annawawi Tekankan Pentingnya Adab dan Etika Salah satu lomba yang digelar dalam rangka Harlah ke 70 Pondok Pesantren Annawawi dan Haflah ke 40 Madrasah Miftahul Ulum. (Foto: Ist)

Sampang, Jurnas.com - Pondok Pesantren Annawawi akan menggelar perayaan Harlah ke 70 dan Haflah Imtihan ke 41 Madrasah Miftahul Ulum pada Kamis (07/03/2024).

Kegiatan tersebut merupakan acara inti setelah sebelumnya melewati berbagai rangkaian acara seperti Festival Lomba, pengajian Daurah Kitab dan Bantuan Biaya Pendidikan bekerjasama dengan BISA (Badan Infaq dan Shadaqah Annawawi).

Sekretatis Panitia Harlah, N Shalihin Damiri, mengatakan, rangkaian kegiatan lomba merupakan bagian dari Harlah ke 70 Pondok Pesatren Annawawi dan Haflah ke 41 Madrasah Miftahul Ulum yang secara rutin digelar setiap tahunnya.

Baca juga :
KKP Bagikan 5 Ton Ikan untuk Belasan Ribu Santri Lamongan

"Sebelum menuju puncak acara (Harlah dan Haflah), kami menyelenggarakan berbagai jenis lomba untuk santri dan murid di lingkungan pesantren sebagai salah satu media untuk mengasah dan mengukur kemampuan para santri selama mengenyam pendidikan di pesantren dan madrasah," kata Shalihin di Sampang, Rabu (06/03/2024).

Ia menjelaskan, perayaan Harlah dan Haflah tahun ini, panitia mengambil tema "Sabar Berproses Menjadi Santri Haqiqi" yang tak lain dimaksud untuk menggugah semangat para santri dan siswa agar menanamkan kesabaran dalam menjalani proses menuntut ilmu dan memperbaiki akhlak.

Baca juga :
Kemendes Latih Mujahid Pelopor Desa di Ponpes Hasyim Asy`ari Jepara

"Pemilihan tema tersebut tentu erat kaitannya dengan perkembangan zaman, terutama berkaitan dengan perkembangan teknologi digital yang semakin tak mengenal ruang dan waktu yang sangat mungkin mempengaruhi pola pikir anak muda zaman sekarang, tak terkecuali para santri dan murid kami," bebernya.

Haqiqi, lanjut Shalihin, merupakan penekanan diksi yang perlu ditanamkan kepada para santri agar selama mengenyam pendidikan di lingkungan tetap berfokus pada porsi dirinya sebagai santri yang lebih dikenal mengedepankan nilai adab atau akhlak ketimbang nilai kognitif.

Baca juga :
Gus Halim Dorong Santri Terlibat dalam Proses Pembangunan Desa

"Perkembangan zaman mengantarkan kita semua termasuk generasi kita dengan mudah menkonsumsi informasi dalam bentuk apapun yang dapat merubah perilaku santri, terutama nilai-nilai luhur kesantrian yaitu adab atau akhlak," kata Shalihin.

"Oleh karenan itu, menekankan pentingnya memegang teguh nilai kesantrian tersebut adalah keharusan bagi pesantren," sambungnya.

Ia menambahkan, dalam perayaan puncak Harlah ke 70 itu, pihaknya akan menghadirkan Mudir Ma`had Anwarul Musthafa, Kejayan Pasuruan, Habib Umar Muhammad Assegaf sebagai penceramah tunggal.

"Kami berharap semua santri, alumni dan simpatisan dapat menyimak tausiyah beliau dengan khidmat, agar menjadi tambahan pengetahuan dalam menjalani kehidupan ke depan lebih baik," kata Shalihin.

Sebagai informasi, Pondok Pesantren Annawawi merupakan pesantren yang didirikan oleh almarhum almaghfurlah KH. A. Damiri Mudzhar pada 1954 di Kabupaten Sampang Madura, tepatnya di Desa Lengser Kecamatan Camplong.

Sepeninggal KH. A. Damiri, Ponpes tersebut saat ini diasuh oleh KH. Mohammad Khotibul Umam Damiri, Lc. yang merupakan putra sulung dari almarhum KH. A. Damiri Mudzhar.

(Agus Mughni)
KEYWORD :

Harlah ke 70 Ponpes Annawawi Adab dan Etika Santri