Minggu, 23/01/2022 06:08 WIB

Sepang Racing Team Resmi Ditutup Akhir Tahun

Detail lengkap dari tampilan baru tim satelit Yamaha akan diumumkan di Misano pada pertengahan September, dan Team Principal Razlan Razali dan Direktur Tim Johan Stigefelt dikonfirmasi sebagai bagian dari proyek baru.

Sepang racing team (foto: Crash)

Jakarta, Jurnas.com - Menyusul mundurnya sponsor utama Petronas, Sepang Racing Team mengkonfirmasi tidak akan melanjutkan kiprahnya setelah musim ini, digantikkan dengan entitas baru untuk MotoGP musim 2022. Hal ini menandakan akhir dari skuat Moto2 dan Moto3, serta pemisahan tim dari Sepang, venue MotoGP Malaysia.

Detail lengkap dari tampilan baru tim satelit Yamaha akan diumumkan di Misano pada pertengahan September, dan Team Principal Razlan Razali dan Direktur Tim Johan Stigefelt dikonfirmasi sebagai bagian dari proyek baru.

“Kami telah mengalami perjalanan yang luar biasa selama beberapa tahun terakhir. Dari awal yang kecil pada tahun 2015 ada langkah besar bagi kami pada tahun 2018 ketika kami mengamankan masuk ke kelas utama MotoGP dan membangun skuad MotoGP dari awal,” kata Razali dilansir Crash, Jumat (27/08).

“Tim akan melakukan balapan terakhirnya di Valencia dan kami berterima kasih kepada semua kru, pembalap, penggemar, dan mitra kami atas dukungan mereka. Secara khusus, kami berterima kasih kepada Petronas, yang dengannya semua ini tidak mungkin terjadi," tambahnya.

"Kami juga berterima kasih kepada Sirkuit Internasional Sepang atas visi dan dukungan mereka terhadap talenta Malaysia yang akan datang dalam waktu yang lama."

"Musim terakhir kami belum mencapai kesimpulannya dan kami terus berusaha untuk mendapatkan hasil terbaik di ketiga kelas. Terima kasih semua."

Berita itu secara resmi dikonfirmasi pada hari Kamis di Silverstone, di mana hanya tiga tahun yang lalu tim mengadakan konferensi pers untuk mengkonfirmasi bahwa kemitraan Sepang-Petronas-Yamaha akan membuat debut kelas utama pada tahun 2019.

Tim melanjutkan untuk menikmati kesuksesan yang menakjubkan dengan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, yang berpuncak pada enam kemenangan balapan MotoGP musim lalu dan tantangan kejuaraan dunia.

Tetapi Quartararo bertukar tempat dengan juara dunia sembilan kali Valentino Rossi di tim pabrikan Yamaha untuk tahun 2021, sementara Morbidelli tetap menggunakan motor A-Spec berbasis 2019 yang sudah tua.

Hasilnya hanya satu podium untuk Morbidelli, yang saat ini absen karena cedera lutut, dan Rossi hanya bisa finis kedelapan sebagai hasil terbaiknya.

The Doctor sudah memutuskan pensiun akhir musim ini, sementara ada desas-desus bahwa Morbidelli mendapat promosi ke tim pabrikan untuk tahun 2022. Dan dengan perpisahan Maverick Vinales dan Yamaha pada pertengahan musim ini, bukan tidak mungkin Morbi mendapat promosi akhir tahun ini.
Sementara itu, entri baru SRT masih mencari dua pembalap untuk musim 2022.

Kabar baiknya adalah bahwa kesepakatan baru dengan Yamaha akan dikonfirmasi dan tim Malaysia juga memiliki kontrak lima tahun dengan Dorna untuk dua posisi grid MotoGP.

TAGS : Sepang Racing Team Kompetisi MotoGP




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :