Senin, 29/04/2024 19:04 WIB

Gempa Susulan Selandia Baru, Bendungan Jebol

Warga setempat didesak agar pindah ke tempat yang lebih tinggi setelah bendungan itu, tepat di sebelah utara Kaikoura

Wellington - Bendungan di Clarence Rivel, Selandia Baru, jebol dan mengalirkan puing-puing setelah gempa susulan berkekuatan 6,2 skala richter, Senin waktu Indonesia. Pada gempa sebelumnya berkekuatan 7,5 SR, menewaskan  dua orang dan merusak sejumlah bangunan di pesisir timur South Island.

Menurut Badan Geologi Amerika Serikat (USGS),  bGempa terakhir tercatat memiliki magnitude 6,8 skala richter. Gempa tersebut terjadi pada pukul 13.45 waktu setempat (00.45 GMT) dengan kedalaman 10 kilometer (enam mil), berlokasi 120 kilometer (75 mil) Timur Laut Christchurch, kata USGS.

Warga setempat didesak agar pindah ke tempat yang lebih tinggi setelah bendungan itu, tepat di sebelah utara Kaikoura dari pusat gempa di pantai South Island.

Dilansir Xinhua, dinas layanan darurat telah mengumumkan keadaan darurat di Kota Pelancongan Kaikoura dan daerah di dekatnya setelah gempa bumi kuat mengguncang sebagian besar wilayah Selandia Baru pada Senin dini hari waktu setempat.

Polisi mengkonfirmasi dua orang tewas, dan mengatakan dinas layanan darurat masih bekerja di lokasi. Satu orang meninggal di satu rumah pribadi di Mount Lyford, sebelah utara Christichurch, di South Island, dan satu orang lagi dilaporkan meninggal karena tertimpa bangunan runtuh di Kaikoura.

KEYWORD :

Gempa Selandia Baru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :