Rabu, 20/10/2021 20:09 WIB

Mengenal Koopssus TNI, Gabungan Kopassus AD, Paskhas AU, dan Denjaka AL

Ketangguhan tempur Koopssus TNI sangatlah terjamin

Pasukan TNI

Jakarta, Jurnas.com - Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia (Koopssus) merupakan salah satu unit komando pasukan elit Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Ketangguhan tempur Koopssus TNI sangatlah terjamin. Bayangkan saja, Koopssus TNI diisi oleh pasukan pilihan dari tiga matra khusus yang sudah termasyhur kemampuan tempurnya di seluruh dunia. Yakni Satgultor-81 Kopassus TNI AD, Satbravo-90 Paskhas TNI AU, dan Denjaka TNI AL.

Koopssus sebagai satuan gabungan pasukan elite TNI ini resmi dibentuk pada 30 Juli 2019 melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia.

Koopssus TNI diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Bermarkas di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur dan dapat digunakan oleh Panglima TNI atas perintah Presiden RI. 

Adapun pembentukan Koopssus TNI didasari pada beberapa aturan hukum terkait tugas pokok TNI, termasuk diantaranya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 yang juga mengatur pelibatan TNI dalam penanggulangan terorisme.

"Secara tegas Undang-Undang tersebut mengatur bahwa tugas TNI dalam mengatasi aksi terorisme merupakan bagian dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi TNI yaitu penangkal, penindak dan sebagai pemulih"

Dengan demikian, tugas Koopssus TNI adalah mengatasi aksi terorisme, baik dalam maupun luar negeri yang mengancam ideologi kedaulatan, keutuhan dan keselamatan segenap bangsa Indonesia.

Komandan Koopssus TNI yang pertama adalah Brigadir Jenderal TNI Rochadi yang sebelumnya menjabat Dir A BAIS TNI (Badan Intelijen Strategis). Rochadi menjabat mulai 30 Juli 2019 hingga 18 Juni 2020. 

Pemimpin Koopssus kemudian beralih ke Mayor Jenderal TNI Richard TH Tampubolon, S.H, M.M yang dilantik pada 27 Juli 2020 dan masih menjabat hingga saat ini.

Dirgahayu Koopssus TNI

TAGS : Koopssus TNI Kopassus Denjaka Paskhas Marsekal TNI Hadi Tjahjanto




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :