Sabtu, 20/04/2024 00:31 WIB

Pemerintah Target Pertumbuhan Ekonomi 6% Per Tahun

Ilustrasi ekspor dan impor (Foto: Dominik Lukmann/Unsplash)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas telah tetapkan target pertumbuhan ekonomi Indonesia 6 persen per tahun usai Panjdemi COVID-19.

Bappenas meyakini dengan target pertumbuhan tersebut, Indonesia bisa menjadi negara maju dan lepas dari jebakan negara berpendapatan kelas menengah atau middle income trap sebelum tahun 2045.

"Meskipun ada pandemi dan perubahan iklim, kami sudah menyiapkan visi Indonesia 2045, yaitu menuju Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045," ujar Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas Arifin Rudiyanto, Selasa (27/7/2021).

Oleh karena itu, diperlukan tujuan pembangunan berkelanjutan sebagai landasan yang kokoh untuk menuju Indonesia maju, serta transformasi ekonomi yang masuk dalam Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 yang selaras dengan Sasaran Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Menurut Arifin, transformasi ekonomi tersebut sangat diperlukan usai pandemi berakhir sebagai penyelamat ekonomi jangka panjang yang akan mengintervensi sisi produksi perekonomian.

Dia memastikan transformasi ekonomi itu akan dilakukan melalui total factor productivity, produktivitas modal, dan produktivitas tenaga kerja.

"Transformasi ekonomi ini intinya adalah kita perlu untuk mengangkat trajectory ekonomi, jadi tidak hanya pemulihan ekonomi saja," tegas Arifin.

KEYWORD :

Bappenas Pertumbuhan Ekonomi Pandemi Negara Maju Arifin Rudiyanto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :