Sabtu, 16/10/2021 09:01 WIB

Jangan Mudik Saat Idul Adha, Polri Tambah 2 Kali Lipat Personel di Penyekatan

Antisipasi pemudik Idul Adha, Polri tambah 2 kali lipat personelnya di titip penyekatan.

Polisi lakukan penyekatan mudik. (Foto : Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Selasa (19/7/2021) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menambah personelnya untuk membatasi mobilitas masyarakat. Disampaikan Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksawan jumlah petugas ditingkatkan dua kali lipat di sejumlah ititik penyekatan yang fokus di jalan-jalan tol.

Dikatakan Rudi, langkah ini dilakukan, guna mengantisipasi mobilitas masyarakat yang hendak mudik jelang Hari Raya Idul Adha.

"Kita tambah pos-pos penyekatan, khususnya di jalur tol. Kemudian jalur arteri kita tambah yang sebelumnya hanya 600 sekian, hampir dua kali lipat kita tambah," kata Rudi Senin (19/7/2021).

Dengan penambahan personel dan sejumlah titik penyekatan, diharapkan mobilitas masyarakat dapat dikendalikan hanya diperuntukan bagi mereka pada sektor esensial dan kritikal. Sedangkan diluar sektor tersebut bisa ditahan atau ditunda terlebih dahulu.

"Memang mobilitas ini kita lihat ini sangat signifikan turun, namun juga yang kita lihat itu yang masih agak lumayan itu di jalan pinggiran-pinggiran. Oleh karenanya, ini perlu potensi-potensi masyarakat kita ajak bersama di RT, RW kemudian tokoh-tokoh masyarakat kita ajak semuanya," jelasnya.

“Keluar-masuk Jabodetabek ini sangat signifikan (berkurang). Ini mulai dari tanggal 3 sampai tanggal 16 Juli, ini sebelum itu ada 1.900 juta sekian, kemudian dievaluasi untuk dari tanggal 6 sampai 16 ini hanya 1.100 juta, rata-rata mengalami hampir 40 persen penurunan, ini untuk yang masuk Jakarta," ungkapnya.

"Kemudian yang keluar Jakarta juga sama ini juga mengalami angka yang cukup signifikan, kami sampaikan juga sama hampir 40 persen. Ini tadi siang juga kita melakukan pemantauan, patroli udara dengan Kabaharkam juga dan benar-benar di jalur tol ini sudah mengalami penurunan," tutup Rudi.

 

TAGS : Penyekatan Personel Polri Mudik




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :