Selasa, 03/08/2021 12:42 WIB

NATO Minta Qatar Sediakan Tempat Latihan Tentara Afghanistan

Pejabat keamanan NATO sedang dalam pembicaraan dengan Qatar tentang penyediaan pangkalan militer untuk membantu melatih unit tentara Afghanistan

Pengamanan di salah satu Masjid Syiah di Kabul, Afghanistan

Jakarta, Jurnas.com - Pejabat keamanan NATO sedang dalam pembicaraan dengan Qatar tentang penyediaan pangkalan militer untuk membantu melatih unit tentara Afghanistan setelah pasukan asing menarik diri dari Afghanistan akhir tahun ini.

"Kami mengadakan pembicaraan untuk mengalokasikan pangkalan di Qatar untuk membuat tempat pelatihan eksklusif bagi anggota senior pasukan Afghanistan," kata seorang pejabat senior keamanan Barat di Kabul, dilansir Middleeast, Kamis (17/06).

"Kami telah mengajukan tawaran, tetapi otoritas di Qatar yang memutuskan apakah mereka nyaman dengan NATO menggunakan wilayah mereka sebagai tempat pelatihan," kata sumber lain yang berbasis di Washington DC.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan beberapa hari yang lalu bahwa penarikan aliansi, yang dimulai pada bulan April, dari negara yang dilanda perang berjalan dengan baik, dan bahwa penarikan pasukan kita berkembang secara tertib dan terkoordinasi.

Qatar dalam beberapa tahun terakhir menjadi tuan rumah pembicaraan antara Taliban, AS, NATO dan perwakilan kelompok internasional lainnya. Negara Teluk juga telah menjadi rumah bagi kantor Taliban sejak 2013, dan menjadi tuan rumah negosiasi dengan AS yang menyebabkan penarikan dilakukan.

TAGS : Lembaga NATO Pemerintah Qatar Militer Afghanistan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :