Selasa, 03/08/2021 10:40 WIB

Duet Gus AMI-AHY Paling Kinclong Jelang Pilpres 2024

Gus AMI-AHY menempati urutan pertama polling dengan perolehan 23% suara responden.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) dan Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Jakarta, Jurnas.com - Pasangan Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapat sambutan hangat masyarakat. Hal ini tergambarkan dalam hasil polling yang digelar Jaringan Informasi Rakyat (Jari Rakyat).

Dalam polling itu, Jari Rakyat membuat simulasi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 sejak 2 Juni dan berakhir 10 Juni 2021.

Polling dilaksanakan dengan metode tertutup menggunakan aplikasi Google Form, di mana satu responden hanya dapat memilih 1 kali. Kuisoner polling disebarkan melalui media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, dan Telegram).

Polling ditutup pada 10 Juni 2021 pukul 12.00wib dengan total responden sebanyak 2.548 responden.

Nah, hasilnya pasangan Gus AMI-AHY menempati urutan pertama polling dengan perolehan 23% suara responden.

Disusul pasangan Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno menempati posisi kedua hasil polling dengna dukungan sebesar 19% responden.

Prabowo Subianto dan Puan Maharani menempati posisi ketiga dengan perolehan dukungan netizen sebesar 17%.

“Hasil polling ini menunjukkan wacana elite PKB untuk menduetkan Ketua Umum PKB dan Ketua Umum Partai Demokrat mendapat sambutan dari masyarakat," ujar Koordinator Jari Rakyat Prasetyo, Kamis (10/6/2021).

Menurut Prasetyo, dari hasil polling diketahui kader PKB dari arus bawah menginginkan Ketua Umumnya untuk maju menjadi Calon Presiden.

"Dukungan bagi pasangan Gus AMI-AHY paling tinggi yaitu sebesar 23% di bandingkan dengan opsi duet Gus AMI-Puan yang mendapatkan 8%," jelasnya.

Ia juga menjelaskan pasangan Ganjar-Sandi meraih dukungan sebesar 19% responden. Ini menunjukkan intensitas pendukung Ganjar di media sosial masih sangat tinggi untuk memperjuangkan Gubernur Jawa tengah itu sebagai Calon Presiden.

Hal ini turut mempengaruhi hasil polling. Ditambah dengan deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo oleh beberapa kelompok relawan beberapa hari terakhir. Serta bertemunya Ganjar dan Sandi di Borobudur pada 5 Juni silam,” tambahnya.

Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno menempati posisi kedua hasil polling dengna dukungan sebesar 19% responden.

Adapun Prabowo-Puan dengan dukungan 17% responden, menunjukkan adanya penurunan dibandingkan dengan hasil polling sementara pada hari pertama dan hari kedua.

Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh maraknya pemberitaan mengenai rencana pembelian Alusista yang gencar diberitakan media, serta wacana duet Megawati-Prabowo yang dimunculkan oleh Pro Mega Center.

Selain itu, ada juga pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono memperoleh dukungan sebesar 14%.

Dari sisi elektabilitas personal, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selalu masuk radar lembaga survei. Meski demikian, Anies belum mendapatkan kepastian dikarenakan belum ada partai politik pengusung.

Sementara secara berturut-turut posisi kelima diraih oleh pasangan Nama Puan Maharani dan Prabowo Subianto (6%), Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto (5%), Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (4%) dan Puan Maharani dan Abdul Muhaimin Iskandar (3%).

"Polling adalah instrumen survei yang paling sederhana. Hasil polling Jari Rakyat dapat dipertanggungjawabkan dan bersifat mandiri," tuntas Prasetyo.

TAGS : Jari Rakyat Polling Capres Muhaimin Iskandar AHY Anies Baswedan Ganjar Pranowo Prasetyo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :