Selasa, 30/04/2024 17:48 WIB

Demo 4 November

Enam Bus Rombongan FPI Palembang Tiba Di Jakarta

Jakarta - Berbagai ormas Islam dari berbagai daerah di Indonesia ikut serta dalam aksi demonstrasi 4 November besok. Hari ini, Kamis (3/11/2016), mereka mulai memasuki wilayah Jakarta sebelum akhirnya bergabung dengan ribuan demonstran lain pada aksi menuntut penuntasan kasus penistaan agama yang menyeret nama gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Salah satu rombongan yang sudah tiba di Jakarta di antaranya jamaah dari FPI Palembang, Sumatera Selatan. Mereka datang di Jakarta dengan menaiki enam bus kapasitas besar.

Di Jakarta, mereka menuju Masjid Jami Matraman di jalan Taman Amir Hamzah, Pegangsaan Menteng, Jakarta Pusat.

"Kami siap ikut demo besok. Kami membawa pasukan sekitar 300-an anggota dari Palembang. Enam rombongan, enam bus. Setiap bis berisi 40-50 orang. Semuanya siap turun besok," ujar Ketua Rombongan FPI Palembang Dede di Msjid Jami Matraman, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2016).

Dede mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan FPI pusat tentang kedatangan pihaknya ke Jakarta. Menurutnya, FPI pusat yang mengarahkan pihaknya untuk langsung menuju Masjid Jami Matraman sebelum nantinya bergabung dengan barisan Aksi 4 November besok.

"Kita sementara di masjid ini. Berangkat besok ke Istiqlal setelah sholat subuh. Dari Istiqlal kita baru bergerak untuk demo," tandasnya.

Dede mengatakan pihaknya berangkat dari Palembang untuk menunjukkan solidaritas atas aksi yang akan digelar bersama sejumlah ormas Islam lainnya. Ia menuntut agar pemerintah dapat menegakkan supremasi hukum terhadap Ahok yang menistakan agama Islam.

"Ahok harus diproses hukum. Ahok harus dihukum," ucapnya.

Seperti diketahui, pada tanggal 4 November besok akan digelar aksi besar-besaran yang melibatkan gabungan ormas Islam dari berbagai daerah di Indonesia. Aksi tersebut sebagai buntut dari pernyataan Ahok mengutip surat Al-Maidah ayat 51 yang dinilai merendahkan Al-Quran.

Saat ini, kasus tersebut tengah ditangani pihak kepolisian. Sementara itu, Ahok baru dipanggil sekali dengan status sebagai saksi dalam penyelidikan atas kasus tersebut.

KEYWORD :

Demo 4 November FPI Palembang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :