Rabu, 16/06/2021 06:31 WIB

Info BMKG: Terjadi Gempa Susulan Sebanyak 3 Kali di Nias Barat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa susulan (aftershock) dengan parameter Magnitudo 5,2 dari sebelumnya M 7,2 yang dimutakhirkan menjadi M 6,7 di lepas pantai barat Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat (14/5).

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Dok. Liputan6)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa susulan (aftershock) dengan parameter Magnitudo 5,2 dari sebelumnya M 7,2 yang dimutakhirkan menjadi M 6,7 di lepas pantai barat Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat (14/5).

Pusat gempa susulan dilaporkan berada pada titik koordinat 0.21 LU-96.58 BT di kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Menurut BMKG, jenis dan mekanisme gempa tersebut merupakan gempa dangkal yang berada di zona outer-rise dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Adapun, hal itu sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa tersebut memiliki mekanisme sesar turun (normal fault).

Hingga Jumat (14/5) pukul 14.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan sebanyak tiga kali.

TAGS : BMKG Gempa Bumi Nias Barat Sumut




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :