Kamis, 17/06/2021 13:22 WIB

Tradisi Unik Warga Amerika di Hari Lebaran

Selain sebagai penanda berakhirnya bulan ramadan, idul fitri juga sekaligus momen untuk berbagi kebahagiaan bersama keluarga dan sanak famili.

Ilustrasi Lebaran (foto; Google)

Jakarta, Jurnas.com - Lebaran Idul fitri merupakan salah momen yang selalu ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pasalnya, saat itulah umat Muslim merayakan kemenangan setelah berjuang menahan lapar dan haus serta hawa nafsu selama sebulan penuh.

Selain sebagai penanda berakhirnya bulan ramadan, idul fitri juga sekaligus momen untuk berbagi kebahagiaan bersama keluarga dan sanak famili.

Idul Fitri selalu diwarnai dengan berbagai tradisi unik yang diselenggarakan oleh seluruh umat Muslim dari berbagai penjuru dunia.

Tradisi inilah yang menjadikan momen Idul Fitri semakin berbeda dan bermakna. Negara dengan mayoritas umat Muslim tentu akan memiliki lebih banyak tradisi-tradisi unik dalam memeriahkan suasana lebaran dibanding dengan negara minoritas umat muslim seperti Amerika.

Di Amerika, perayaan lebaran sering berbeda antara wilayah satu dengan lainnya. Hal ini disebabkan karena perbedaan letak geografis antar wilayah, sehingga masyarakat akan menggunakan metode yang berbeda-beda dalam menentukan awal Syawal.

Penduduk Muslim di Amerika Utara yang berada di wilayah timur bisa jadi merayakan Idul Fitri pada hari yang berbeda dibanding mereka yang berada di wilayah barat.

Pada umumnya, penghujung Ramadan akan diumumkan melalui e-mail, website, atau sambungan telepon.

Karena sebagian besar umat Muslim di Amerika adalah penduduk imigran, maka biasanya pada perayaan Idul Fitri mereka akan mengenakan pakaian tradisionalnya masing-masing.

Setelah melakukan salat Ied berjamaah, maka umat Muslim di Amerika akan saling memeluk satu sama lainnya dan mengucapkan selamat Idul Fitri.

Mereka kemudian merayakan lebaran dengan cara memberikan bingkisan hadiah kepada keluarga dan sanak saudara.

Perayaan Idul Fitri di Amerika dipusatkan di masjid-masjid setempat, hotel, maupun stadion lokal.

TAGS : Warga Amerika Idul Fitri Hari Lebaran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :