Selasa, 15/06/2021 13:31 WIB

Diacuhkan Prancis, Laporte Siap Bela Timnas Spanyol

Aymeric Laporte akan bermain untuk timnas Spanyol di Kejuaraan Eropa nanti, setelah tak kunjung mendapatkan kesempatan di timnas Prancis.

Aymeric Laporte mengalami cedera lutut (foto: Soccerway)

London, Jurnas.com - Bek Manchester City Aymeric Laporte akan bermain untuk timnas Spanyol di Kejuaraan Eropa nanti, setelah tak kunjung mendapatkan kesempatan di timnas Prancis.

Federasi Sepak Bola Spanyol telah mengajukan dokumen resmi ke FIFA untuk mendapatkan persetujuan akhir. Jika direstui, dia dapat bermain di turnamen musim panas ini bersama rekan setimnya Eric Garcia.

Laporte (26) lahir di kota Agen, Prancis barat daya. Meskipun pernah bermain untuk Prancis di level yunior, dia tidak pernah dipanggil ke tim nasional.

Dikutip dari Goal pada Selasa (11/5), Laporte memiliki dwi kewarganegaraan Prancis dan Spanyol berkat keturunan Basque melalui kakek buyutnya.

Dia bergabung dengan Atletic Bilbao saat berusia 16 tahun, dan menghabiskan enam musim bersama tim Spanyol itu sebelum pindah ke City pada 2018.

Laporte pertama kali dipanggil ke skuat nasional Prancis pada Oktober 2016, tapi belum kunjung masuk ke jajaran skuat senior.

"Saya berbicara dengan (pelatih Prancis) Didier Deschamps tentang kembali ke Les Bleus, saya mencoba menunjukkan bahwa saya memiliki kualitas untuk membuat tim nasional Prancis," ungkap Laporte pada 2020 lalu.

"Pastinya, meraih Euro di akhir (musim) ini akan menjadi hal terbaik," lanjut dia.

Bagaimanapun, Laporte harus berjuang keras masuk timnas Prancis. Pasalnya, Deschamps memiliki sederet bek tangguh, sebut saja Raphael Varane, Samuel Umtiti, Adil Rami, Dayot Upamecano, Lucas Hernandez, Presnel Kimpembe dan Kurt Zouma.

Namun keputusan Deschamp mengacuhkan Laporte juga dipertanyakan. Sebab, dia tampil luar biasa di City, dan akan memenangkan gelar Liga Premier ketiga dalam empat tahun terakhir.

Dalam keterangannya pada 2018 lalu, Laporte menuduh Deschamps meninggalkannya dari skuat Prancis karena alasan pribadi. Namun tudingan ini ditepis sang pelatih.

"Saya tidak punya masalah dengan siapa pun. Ketika saya memilih seseorang, itu bukan untuk saya. Saya ulangi," tegas Deschamp.

"Saya hanya punya satu hal untuk dikatakan kepadanya dan itu adalah bahwa dia terus tampil baik," sambung dia.

TAGS : Aymeric Laporte Timnas Spanyol Prancis Euro 2021




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :