Selasa, 20/04/2021 21:22 WIB

Kemdikbud: Kuota Gratis Tak Akan Dicabut selama PTM Terbatas

Menurut Plt Pusat Data dan Informasi Kemdikbud Hasan Chabibie, kuota gratis tersebut akan mengiringi proses transisi hingga PTM kembali berjalan seperti sediakala.

Plt Kepala Pusdatin Kemdikbud Hasan Chabibie (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tidak akan mencabut kuota gratis, meski sekolah telah mulai menggelar pembelajaran tatap muak (PTM) secara terbatas.

Menurut Plt Pusat Data dan Informasi Kemdikbud Hasan Chabibie, kuota gratis tersebut akan mengiringi proses transisi hingga PTM kembali berjalan seperti sediakala.

"Jadi yang mendapatkan ini akan jalan hingga bulan Juni. Karena ini sesuatu yang berbeda, kuota ini kan bridging sampai nanti proses belajar tatap muka berjalan," terang Hasan pada Kamis (8/4).

Terlebih, lanjut Hasan, selama PTM terbatas kegiatan belajar daring juga tetap berlaku mengingat kelas hanya bisa maksimal 50 persen dari kuota total.

"Kan PTM Terbatas mereka akan bergantian. Skenarionya separuh-separuh. Jadi tidak mungkin satu sekolah kayak kemarin (sebelum pandemi Covid-19). Mereka tetap ada sequence akan berlajar dari rumah," kata Hasan.

Bulan ini, Kemdikbud akan menyalurkan kuota gratis bagi 30 juta pelajar dan pengajar, yang merupakan lanjutan kebijakan belajar dari rumah di tengah pandemi Covid-19.

Hasan menjelaskan mengatakan, jumlah ini meningkat dibandingkan 27 juta yang disalurkan pada 11-15 Maret 2021 lalu.

"Hasil dari data kami hampir sekitar 3 juta lebih pendaftar baru, yang mereka minta nanti disalurkan di April. Jadi kemungkinan 30 jutaan di April. Tp yang di Maret mendekati 27 jutaan dari berbagai jenjang," ungkap dia.

TAGS : Pembelajaran Tatap Muka PTM Terbatas Hasan Chabibie Kuota Gratis




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :