Rabu, 24/07/2024 06:45 WIB

Pj Bupati Kudus Ajak Masyarakat Belajar Toleransi dari Iduladha

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Dr. M. Hasan Chabibie, mengajak masyarakat memaknai perayaan Iduladha pada Senin (17/6) sebagai momentum membangun toleransi.

Pj Bupati Kudus, Hasan Chabibie menyerahkan hewan kurban kerbau (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Dr. M. Hasan Chabibie, mengajak masyarakat memaknai perayaan Iduladha pada Senin (17/6) sebagai momentum membangun toleransi.

Hal ini disampaikan Hasan dalam rangkaian Shalat Ied di Masjid Agung Kudus sekaligus penyerahan kurban kerbau dari Pemkab Kudus.

Menurut Hasan, Hari Raya Iduladha tak hanya kisah pengorbanan Nabi Ibrahim terhadap putranya, Nabi Ismail. Dalam tataran praktis, Iduladha yang lekat dengan ibadah kurban juga bermakna penghambaan dan toleransi.

"Kita juga belajar toleransi dari Sunan Kudus, dengan menghindari menyembelih sapi, memilih kerbau untuk hewan kurban," kata Hasan.

Dalam kesempatan tersebut, Hasan juga mengajak warga Kudus untuk mendoakan semua jemaah haji dari Kudus yang sedang beribadah di Tanah Suci.

"Jadi, kita saling mendoakan pada momentum ini, agar semuanya diberikan kemudahan, semuanya mendapatkan doa yang terbaik dan terkabul, amin," ujar Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemdikbudristek tersebut.

Hasan menambahkan bahwa semua pihak harus merefleksikan prosesi kurban sebagai manifestasi nilai kemanusiaan. Dengan berkurban, masyarakat perlu berkorban untuk mendapatkan ridha dan kesempurnaan.

"Kita perlu mengorbankan egoisme, nafsu merusak, keserakahan, sekaligus nilai-nilai negative dari diri kita. Setelah berkurban ini, kita melayani semuanya, memberikan Khidmah untuk kebaikan. Dengan wasilah ruh hewan kurban yang kembali kepada Allah, kita doakan semoga warga Kudus diberikan kesejahteraan dan kedamaian," kata dia.

"Jadi, sebagai refleksi Iduladha, saya tekankan ini kepada teman-teman jajaran birokrasi dan pemimpin Kudus, untuk meluruskan niat untuk melayani warga Kudus, sebagai bagian dari pengorbanan, pengabdian Khidmah kita," dia menambahkan.

KEYWORD :

Hasan Chabibie Pj Bupati Kudus Hari Raya Iduladha Kurban




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :