Selasa, 20/04/2021 20:05 WIB

Kemendes Berikan Bantuan ke Beberapa Daerah di Maluku Utara

Perluasan akses internet tersebut merupakan komitmen untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Penandatanganan komitmen antara Kemendes PDTT, BAKTI Kominfo dengan Pemkab Halmahera Barat tentang layanan telekomunikasi dan informasi melalui pengembangan konektivitas internet di wilayah layanan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Halmahera Barat. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

Halmahera Barat, Jurnas.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT), Taufik Madjid menyerahkan bantuan secara simbolis untuk beberapa Kabupaten di Provinsi Maluku Utara. Penyerahan bantuan tersebut dipusatkan di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Kamis (8/4).

Selain itu, juga diadakan penandatanganan komitmen antara Kemendes PDTT, BAKTI Kominfo dengan Pemkab Halmahera Barat tentang layanan telekomunikasi dan informasi melalui pengembangan konektivitas internet di wilayah layanan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Halmahera Barat.

Dalam paparannya, Taufik Madjid selaku Sekjen Kemendes PDTT mengatakan, penandatanganan komitmen ini penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk mempercepat pembangunan desa, kawasan perdesaan dan transmigrasi.

“Tadi sudah bersama-sama menandatangani kesepakatan komitmen sebagai upaya untuk mempercepat digitalisasi desa di Halmahera Barat,” jelasnya.

Ia mengatakan, perluasan akses internet tersebut merupakan komitmen untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Menurutnya akses internet harus bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, utamanya daerah Indonesia Timur.

No one left behind, tidak ada satu pun yang terlewatkan, semuanya harus merasakan,” ujarnya.

Komitmen selanjutnya, lanjut Taufik, Kemendes PDTT melalui SDGs Desa akan menyukseskan Peraturan Presiden No.59 Tahun 2017 tentang SDGs Nasional yang diadopsi dari pertemuan pemimpin dunia, yaitu SDGs Global.

Menurutnya, hal itu penting dan relevan, terutama di Kemendes PDTT, karena sampai dengan 2020 peringkat Indonesia berada di posisi 102 dalam pencapaian SDGs Global.

Oleh karena itu, tambahnya, Menteri Desa PDTT kemudian ingin mentransformasikan komitmen global dan mandat Perpres No.59 Tahun 2017 ke level yang lebih bawah, yaitu desa.

“Kita sama-sama berupaya untuk terus mendorong pencapaian SDGs Desa, karena SDGs Desa akan berkontribusi terhadap 74% SDGs Nasional,” ungkapnya.

Untuk informasi, penyerahan bantuan yang diberikan ke beberapa kabupaten di Provinsi Maluku Utara adalah sebagai berikut:
1. Bantuan pembangunan jembatan beton bentang di KTM Morotai.
2. Bantuan sarana produksi di UPT Mudapuhi Kabupaten Kepulauan Sula.
3. Bantuan perlengkapan berupa sarana ibadah untuk Masjid di UPT Jano Kedi Kabupaten Halmahera Barat.
4. Bantuan perlengkapan berupa sarana ibadah untuk gereja di UPT Goal Kabupaten Halmahera Barat.
5. Bantuan layanan sosial budaya untuk lokasi Waleh SP3 Kabupaten Halmahera Timur.
6. Bantuan layanan sosial budaya untuk lokasi Patlean SP5 Kabupaten Halmahera Tengah.
7. Bantuan layanan sosial budaya untuk lokasi Mudapuhi Kabupaten Kepulauan Sula.

TAGS : Kinerja Menteri Desa Kemendes PDTT Taufik Halmahera Internet Bantuan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :