Sabtu, 20/04/2024 01:08 WIB

Wamendag-Wamenhan Bahas Revitalisasi Perdagangan

Keduanya membahas sinergi antar dua kementerian yaitu Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertahanan.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dan Wakil Menteri Pertahanan Herindra (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga dan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Herindra bertemu baru-baru ini.

Keduanya membahas sinergi antar dua kementerian yaitu Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertahanan.

"Paradigma pertahanan sekarang kan bukan hanya soal perang, tetapi sudah sangat holistic. Karena itu kolaborasi sektor pertahanan dan perdagangan harus dibangun secara solid," kata Wamendag menjawab pertanyaan awak media pada Rabu (7/4).

Pendapat Jerry ini diamini oleh Wamenhan. Menurut Herindra, Kemenhan banyak menangani sektor-sektor stategis pertahanan negara termasuk yang menyangkut kesejahteraan masyarakat dan kesiapan industri-industri strategis. Dukungan dari kementerian perdagangan sangat penting guna memastikan pertahanan negara bisa berjalan dengan baik.

Jerry menyebut bahwa kementerian Perdagangan sedang terus mengembangkan berbagai diplomasi serta revitalisasi perdagangan. Tujuannya adalah terjaminnya ketersediaan kebutuhan masyarakat dengan harga yang wajar serta mengembangkan kerja sama intensif perdagangan yang berdampak multisektor.

Diplomasi perdagangan diharapkan bisa membangkitkan industri nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada gilirannya, menurut Jerry ini bisa turut memberikan kontribusi bagi penguatan pertahanan.

"Kemendag juga ingin agar industri pertahanan Indonesia juga bisa makin baik. Karena itu kami siap mendukung agar pasokan bahan baku dan berbagai hal yang perlu dukungan perdagangan bisa terwujud  dengan baik," tambah Jerry.

Kemendag menurut Jerry juga mendukung pengembangan food estate yang sedang dijalankan Kemenhan. Menurut Jerry food estate harus didukung dengan sistem logistic dan perdagangan yang baik. Tujuannya agar distribusi hasil produksi food estate bisa lancar dan masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan dengan harga yang terjangkau.

“Kita apresiasi dan kita dukung Kemenhan yang sedang mengembangkan food estate. Kemendag tentu juga ingin agar produksi nasional bisa memenuhi kebutuhan domestik seperti beras, jagung, kedelai dan kebutuhan pokok lainnya," ujar Jerry.

Wamendag yakin bahwa food estate perlu didukung dengan sistem pergudangan, sistem distribusi serta pembayaran yang baik. Untuk itu pihaknya mencoba akan mengeksplorasi penerapan sistem resi gudang  (SRG) dan sistem digitalisasi pembayaran di kawasan food estate.

Selain itu, Jerry juga berjanji untuk mengajak stake holder lain seperti sektor perbankan dan pengusaha retail untuk berkolaborasi memanfaatkan pengembangan food estate ini.

KEYWORD :

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga Wamenhan Herindra




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :