Selasa, 20/04/2021 19:38 WIB

Yandri Susanto Terseret Korupsi Bansos, Citra PAN Memburuk

Dugaan keterlibatan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto dalam skandal korupsi Bantuan Sosial (Bansos) yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memperburuk citra partainya di mata publik.

Politikus PAN Yandri Susanto. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Dugaan keterlibatan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto dalam skandal korupsi Bantuan Sosial (Bansos) di Kementerian Sosial (Kemensos) yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memperburuk citra partainya di mata publik.

“Ini sekarang masih terperiksa, terperiksa saja sudah punya dampak,” kata peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus saat dikontak, Senin malam (5/4).

Yandri sudah menjalani pemeriksaan oleh tim dari KPK, pekan lalu. Dalam salinan dokumen, Yandri disebut-sebut menerima jatah pengadaan paket bahan pokok sebanyak empat kali dengan jumlah 100 ribu paket melalui PT Total Abadi Solusindo.

Lucius menegaskan, publik akan mudah mengaitkan Yandri dengan perkara kasus yang diduga merugikan negara triliunan rupiah tersebut. 

“Mudah bagi publik untuk mengkaitkan dugaan keterlibatan dia (Yandri) dalam kasus ini. Apalagi jika jadi ditetapkan tersangka, pasti akan berdampak untuk PAN. Apalagi PAN ini belum jelas posisinya sebagai oposisi atau koalisi,” terangnya.

Terlepas dari itu, Lucius meminta PAN memberikan kesempatan kepada KPK untuk mengusut tuntas dugaan keterlibatan Yandri. Partai yang dikomandoi oleh Zulkifli Hasan itu tidak boleh mengintervensi kinerja para penyidik di lembaga antirasuah.

“Jadi dukungan dari parpol untuk memastikan posisi Yandri itu terlibat atau tidak saya kira penting dengan memberikan kesempatan ke KPK untuk mengungkap apa yang terjadi,” tandasnya.

 

TAGS : PAN Korupsi Bansos Yandri Susanto Kemensos




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :