Rabu, 24/04/2024 07:13 WIB

Doni Monardo Usul Tambahan Anggaran Rp 5,2 Triliun ke Kemenkeu

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengaku telah mengusulkan penambahan anggaran ke Kementerian Keuangan (Menkeu) sebesar Rp5,2 triliun.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo.

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengaku telah mengusulkan penambahan anggaran ke Kementerian Keuangan (Menkeu) sebesar Rp5,2 triliun.

Bukan tanpa alasan, menurut dia, hal itu dilakukan untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di tanah air. 

"Kami telah menyampaikan usulan anggaran tambahan sebesar Rp5,2 triliun kepada Menkeu melalui surat Kepala BNPB nomor B.76/KA BNPB/ PR.04.02/03/2021," kata Doni Monardo saat rapat bersama Komisi VII DPR di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/3).

Doni Monardo mengungkapkan, usulan penambahan anggaran tersebut sudah disampaikan pada 4  Maret kemarin. Dana tersebut dikhususkan untuk pembiayaan tenaga tracing  hingga akhir Maret 2021. 

Usai itu, lanjut mantan Danjen Kopassus itu kegiatan tracing, testing, hingga penyediaan alat kesehatan akan dilakukan pihak Kementerian Kesehatan pada 1 April 2021. Dikatakan Doni, pihaknya juga mengusulkan tambahan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp 2 triliun. 

"Kami juga menyampaikan usulan dana tambahan DSP untuk penanganan bencana sebesar Rp2 triliun," akuinya.

Sejauh ini BNPB sudah merealisasikan DSP sebesar Rp178,5 miliar dari dana awal Rp 250 miliar. Tidak sampai disitu, Doni juga menegaskan akan ada estimasi anggaran untuk kebutuhan mendesak penanganan bencana mencapai Rp 209 miliar.

"Terdiri dari Rp2,05 triliun untuk penanganan bencana alam dan Rp9,22 triliun untuk penanganan covid-19," terangnya.

Sejauh ini, kata Doni Monardo anggaran BNPB terus turun setiap tahun dan Indonesia akhir-akhir ini terus mengalami bencana alam. 

"Sedangkan kejadian bencana menunjukkan tren meningkat secara signifikan tiap tahunnya, sehingga terdapat kesenjangan besar terhadap penyelenggaraan penanggulangan bencana dengan ketersediaan sumber dana yang terbatas,” jelasnya.

Atas dasar itu, Doni Monardo berharap ke depan anggaran rutin BNPB ditambahkan dengan banyaknya bencana alam yang melanda Indonesia. 

“Diharapkan ke depan anggaran rutin BNPB dapat ditambah mengingat kebutuhan yang meningkat," tandasnya.

KEYWORD :

BNPB Doni Monardo Kemenkeu Covid-19 Anggaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :